Blog Archive

Pages - Menu

Thursday 28 January 2016

Laporan Diskusi Tentang Globalisasi

  Unknown       Thursday 28 January 2016



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Globalisasi sebagai fenomena yang menjadikan dunia mengecil dilihat dari segi interaksi antarmanusia karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Globalisasi merupakan sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu keseluruh dunia (sehingga menjadi budaya dunia atau world culture).
Globalisasi memberikan pengaruh yang sangat kuat bagi kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Seperti halnya bangsa-bangsa lain di dunia ini, bangsa Indonesia dalam menghadapi era globalisasi seperti sekarang ini tidak dapat menghindari derasnya arus perubahan tatanan kehidupan masyarakat. Globalisasi sangat membantu proses pembangunan suatu negara. Akan tetapi, globalisasi juga mengakibatkan berbagai dampak negatif dalam setiap aspek kehidupan bagi sebuah negara. Globalisasi menjadikan setiap bangsa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat dunia. Globalisasi memunculkan proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak lagi mengenal batas wilayah.
Dari hal tersebut kelompok saya yaitu kelompok 2 mendapat tugas dari Ibu Sri Mulyani S.pd selaku guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk mempresentasikan materi “Globaliasi” untuk mengungkap pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia.

1.2 Tujuan Diskusi
Pelaksanaan diskusi kali ini bertujuan untuk :
a.       Memberikan informasi mengenai globalisasi secara umum.
b.      Memberi himbauan untuk memiliki sikap selektif terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia.
c.       Melatih peserta diskusi untuk berpikir kritis dan menyampaikan pertanyaan dan tanggapannya mengenai pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia.

1.3 Langkah-langkah Persiapan Diskusi
Sebelum dilaksanakannya diskusi, dilakukan beberapa tahapan yang dilalui, antara lain :
a.       Penentuan tim khusus dalam kelompok 2, yaitu :
Tim pencari dan pengumpul data
:
·         Dini Nurjanah
·         Mega Purnama Sari
·         Fauziyah Nur Fazrin
·         Saeful Fajri
Tim penyaji
:
·         Aninda Nurfadillah
·         Lia Yuliani
·         Indah Eka Yunita
·         Hinda Fauziah
·         Virda Audina
·         Riska Amalia
·         Yudiyana Ramdani
Tim penjawab pertanyaan
:
·         Ayu Tri Mulyanti
·         Santika
·         Ramdani Erawan
·         Amy Nur Oktaviana
Tim penyimpulan
:
·         Indra Abdul Fatah
·         Melia Nurfitriani

b.      Pembagian materi
Pembagian tugas para penyaji dalam menyampaikan materi, yaitu :
Yudiyana Ramdani
-
Pengertian Globalisasi
Lia Yuliani
-
Tanda-tanda Globalisasi
Virda Audina
-
Proses Globalisasi
Riska Amalia
-
Aspek Globalisasi
Hinda Fauziah
-
Dampak Globalisasi
Aninda Nurfadillah
-
Pengaruh Globalisasi terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Indah Eka Yunita
-
Sikap Selektif terhadap Pengaruh dan Implikasi Globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

BAB II


URAIAN PELAKSANAAN DISKUSI
2.1 Tempat dan Waktu
Tempat
:
Ruang kelas XII IPS 3, SMA Negeri 2 Garut
Waktu
:
Pukul 08.00 WIB s.d selesai
Hari, tanggal
:
Jum’at, 29 Januari 2016

2.2 Peserta Diskusi
        Peserta yang mengikuti diskusi ini adalah seluruh siswa/i kelas XII IPS 3.

2.3 Proses Diskusi
       Dalam diskusi kali ini dibuka oleh Indra Abdul Fatah selaku moderator. Sebelum menyampaikan peraturan diskusi, moderator menyampaikan tim diskusi dari kelompok 2 yang terdiri dari :
1.      Aninda Nurfadillah selaku penyaji
2.      Hinda Fauziah selaku penyaji
3.      Indah Eka Yunita selaku penyaji
4.      Lia Yuliani selaku penyaji
5.      Riska Amalia selaku penyaji
6.      Virda Audina selaku penyaji
7.      Yudiyana Ramdani selaku penyaji
8.      Melia Nurfitriani selaku notulis
9.      Dini selaku operator
        Selanjutnya moderator membacakan beberapa peraturan dalam diskusi, antara lain :
1.      Peserta diskusi diharapkan mendengarkan dengan baik atas materi yang disampaikan oleh penyaji.
2.      Peserta diperbolehkan bertanya, menyanggah, menambahkan dan mengkritik atas materi yang telah disampaikan oleh penyaji dengan menggunakan bahasa yang sopan, jelas, serta menggunakan Bahasa Indonesia yang baik.
3.      Dibuka sesi tanya jawab, setiap jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain diperbolehkan mengajukan keberatan maupun sanggahan.
  Setelah dibacakannya peraturan, moderator memberikan waktu kepada penyaji untuk menyampaikan materi. Setelah materi selesai disampaikan, moderator memberikan kesempatan kepada peserta diskusi untuk bertanya sesuai dengan peraturan yang telah disampaikan. Beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh peserta diantaranya :
1)
2)
3)
       Setelah beberapa pertanyaan ditampung, moderator memberikan waktu untuk tim penjawab pertanyaan untuk mendiskusikan jawabannya terlebih dahulu untuk menjawab pertanyaan dari peserta diskusi. Setelah tim penjawab pertanyaan selesai mencari jawabannya, tim penjawab pertanyaan memberikan jawabannya di depan seluruh peserta diskusi, yaitu sebagai berikut :
1)      Pertanyaan 1 :

Jawaban :

2)      Pertanyaan 2 :

Jawaban :

3)      Pertanyaan 3 :

Jawaban :

            Setelah memberikan jawaban, dan moderator merasa tidak ada pertanyaan lagi, maka moderator menutup diskusi dari kelompok 2.
2.4 Hasil Diskusi
          Dalam diskusi kali ini dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Globalisasi bagi bangsa Indonesia dimana masyarakatnya memiliki multi etnis dengan multi budaya melahirkan tantangan - tantangan yang tidak ringan yang bisa mengancam keutuhan bangsa dan Negara Indonesia. Tantangan pertama berupa tekanan-tekanan yang datang dari luar baik dalam wujud ekonomi, politik maupun budaya. Ketergantungan atas kekuatan ekonomi internasional menyebabkan bangsa Indonesia tidak dapat melepaskan dari kekuatan-kekuatan tersebut, meski pada kenyataannya apa yang diperoleh bangsa Indonesia dari ketergantungan tersebut tidaklah selalu manis. Ketergantungan ekonomi akan merembet pada ketergantungan politik. Tantangan kedua berupa munculnya kecenderungan menguatnya kelompok – kelompok berdasarkan etnis atau suku di masyarakat. Menguatnya kelompok - kelompok berdasarkan kesukuan ini tidak mustahil akan menjadikan sumpah pemuda “satu nusa satu bangsa dan satu bahasa” tinggal menjadi dokumen sejarah belaka. Ketidakpuasan kelompok-kelompok masyarakat atas kebijakan pemerinah pusat akan dengan mudah dan segera bermuara pada ancaman tuntutan “merdeka” lepas dari Negara kesatuan Republik Indonesia. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan cara untuk mengatasi memudarnya eksistensi jati diri bangsa Indonesia, diantaranya adalah :
§  Menanamkan nilai-nilai nasionalisme serta patriotisme, khususnya pada generasi muda agar mencintai bangsa dan negaranya.
§  Menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945 agar mampu bersikap selektif serta mampu menyaring pengaruh budaya asing yang tidak relevan dengan budaya bangsa Indonesia.
§  Membekali diri dengan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME sebagai benteng pertahanan untuk mampu memilah dan memilih yang baik dan yang buruk, serta yang benar dan yang salah terhadap pengaruh asing.
§  Memeberi wawasan, keterampilan serta pendidikan agar mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia dalam menghadapi era globalisasi.
§  Menanamkan kecintaan terhadap budaya dan adat istiadat bangsa sendiri.
§  Tidak mudah terhasut/terpancing oleh isu-isu yang akan memecah belah bangsa.

BAB III
PENUTUP
3.1   Kesimpulan
      Dalam diskusi kelompok 2 berjalan dengan lancar dan baik, dalam persiapan dan pelaksanaannya semua elemen mulai dari tim pencari dan pengumpulan data, tim penyaji, tim penjawab pertanyaan dan tim penyimpulan telah melaksanakan tugasnya dengan baik hal tersebut mencerminkan kerjasama antar tim yang terjalin dengan baik.

3.2   Saran-saran
      Sebagai manusia biasa, saya sebagai anggota dari kelompok 2 memiliki banyak sekali kekurangan dalam melaksanakan diskusi maupun dalam pembuatan laporan ini. Oleh karena itu, saya berharap kritik maupun saran yang membangun.
logoblog

Thanks for reading Laporan Diskusi Tentang Globalisasi

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment