Blog Archive

Pages - Menu

Sunday 24 January 2016

Laporan Pengamatan kedaan Tempat Wisata kawah darajat

  Unknown       Sunday 24 January 2016
BAB I
PENDAHULUAN

Laporan pengamatan keadaan pemandian wissata kawah drajat pass kecamatan pasirwangi”
A.     Latar Belakang
Pemandian wisata kawah drajat pass merupakan tempat berekreasi, tempat wissata, dan untuk berlibur. Yang berkunjung ke tempat wisata itu tidak hanya dari kota garut itu sendiri, tetapi banyak orang asing yang dating berkunjung untuk belibur ke pemandian wiasta kawah drajat pass. Meraka datang hanya untuk menikmati manfaat dan fasilitas yang ada di wisata kawah di drajat  pass.
      Adapun manfaat pemandian kawah drajat pass yaitu, karna airnya yang berasal langsung dari sebuah kawah, sehingga air di pemandian itu dapat di jadikan sebagai obat atau terapi, dan tentu saja dapat di gunakan untuk mandi, adapun manfaat yang lainnya, yaitu untuk memanfaatkan keindahan alam untuk di jadikan sebagai tempat objek wisata.
      Pemandian wisata kawah drajat pass itu berada di wilayah perkebunan nusantara III, Kecamatan pasirwangi kabupaten Garut.
      Alasan penulis mengamati keaddan pemandian wisata kawah drajat pass, yaitu karna pemandian wisata kawah drajat pass itu mempunyai fasilitas –fasilitas yang sangat di gemari oleh pengunjung dan wisata kawah drajat pass itu mempunyai panorama yang sangat bagus.

B.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui keadaan air dan fasilitas-fasilitas pemandian wisata kawah drajat pass kecamatan pasirwangi
2.      Untuk mengetahui manfaat di adakannya  pemandian wisata kawah drajat pass kecamatan pasirwangi
3.      Untuk mengetahui keadaan lingkungan di sekitar pemandian wisata kawah darajat pass Kecamatan pasirwangi.
C. Masalah
1.   Bagaimana keadaan air dan fasilitas apa saja yang ada di pemandian wisata kawah drajat passkecamatan pasirwangi.
2.   Apa manfaat diadakannya pemandian wiasta kawah drajat pass kecamatan pasirwangi
3.   Bagaimana keadaan lingkungan di sekitar wisata kawah darajat pass Kecamatan pasirwangi.

D.    Metode
Metode yang di gunakan penulis untuk menyelesaikan laporan pengamatan ini adalah di lakukuan dengan cara berobservasi langsung terhadap objek pengamatan yang di dukung dengan bercakap-cakap atau melakukan wawancara terhadap salah satu pengunjung di pemandian wisata kawah darajat pass, guna untuk memperkuat isi dari laporan pengamatan ini. Pengamatan ini di lakukan selama 2 (dua ) kali, yaitu pada tanggal 23 januari 2012 dan 8 februari 2012, dengan menggunakan handphone.










BAB II
LAPORAN

1.      Hasil pengamatan tentang keadaan air dan fasilitas – fasilitas pemandian wisata kawah darajat pass Kecamatan Pasirwangi
      Berdasarkan hasil pengamatan, keadaan pemandian wiasata kawah darajat pass Kecamatan Pasirwangi, jika diperhatikan dari kondisi atau keadaan air dan fasilitas pemandian wisata kawah darajat pass itu adalah sebagai berikut:
      Air pemandian wisata kawah darajat itu langsung berasal dari sebuah kawah atau langsung dari gunung sehingga suhu air dipemandian itu sangat panas tetapi air itu sulit untuk diamati sehingga penulis tidak dapat menyimpulkan suhu °c – nya. Akan tetapi kadar suhu air tersebut dapat berubah suhunya karena air pemandian itu dapat ditentukan oleh keadaan cuaca sehari – hari, jika dilihat dari keadaan cuaca, air akan terasa sangat panas jika cuacanya panas, tapi air itu akan terasa dingin jika cuaca hujan.
      Adapun fasilitas pemandian dikawah darajat pass yaitu terdapat empat kolam, dan salah satu dari kolam itu dapat dijadikan sebagai terapi, dan kolam yang pertama mempunyai fasilitas yang sangat digemari anak – anak, dan fasilitas yang lainnya yaitu adanya ruang ganti dan mempunyai banyak wc sehingga tidak membuat orang yang mau  membersihkan  diri itu tidak menunggu.
Description: E:\Kndsi air pngmatan 1.jpgDescription: E:\Fsilitas pngmatan 1.jpg
            Gambar.1 keadaan air kawah darajat pass    Gambar.2 Fasilitas pemandian kawah darajat pass

2.      Hasil pengamatan tentang manfaat diadakannya pemandian wisata kawah darajat pass Kecamatan Pasirwangi
      Berdasarkan hasil pengamatan, keadan pemandian wisata kawah darajat pass Kecamatan Pasirwangi, jika dilihat dari manfaat diadakannya pemandian wisata kawah darajat pass Kesamatan Pasirwangi sebagai berikut:
      Manfaat diadakannya pemandian wisata kawah darajat pass itu adalah memanfaatkan lingkungan sekitar untuk dijadikan tempat wisata, sehingga menjadi tempat bermanfaat bagi setiap orang.
      Adapun manfaat dari air kolam pemandian itu adalah menurut salah satu pengunjung dan orang yang mengelola tempat pemandian wisata kawah darajat pass itu mengatakan, karna air yang berasal dari kawah, maka air dikolam pemandian itudapat dijadikan sebagai terapi atau pengobatan,misalnya dapat mengobati gatal – gatal dan lain – lain. Sehingga banyak orang yang berkunjung ketempat pemandian wisata darajat pass hanya untuk membuktikan manfaat air kolam di pemandian kawah darajat pass Kecamatan Pasirwangi.

Description: E:\MnfaAt pngamatan 2.jpgDescription: E:\MnfaAt pngamatan_2.jpg
Gambar.1 dan 2 Manfaat pemandian kawah darajat pass

3.      Hasil pengamatan tentang pemeliaharaan kebersihan pemandian wisata kawah darajat pass Kecamatan Pasirwangi
      Berdasarkan hasil pengamatan, keadaan pemandian wisata kawah darajat pass Kecamatan Pasirwangi, jika ditinjau dari pengamatan tentang keadaan lngkungan di sekitar pemandian wisata kawah darajat pass itu adalah:
      Keadaan lingkungan di pemandian kawah darajat pass itu sangat bagus, karna di sekitar kolam pemandian itu di kelilingi pemandangan yang sangat indah. Di sana terlihat pohon – pohon yang rindang dan hijau, gunung – gunungnya yang masih terlihat hijau membuat semua pemandangan menjadi tampak alami. Udaranya pun sangat sejuk dan segar juga kabut – kabut yang cukup lebat membuat keadaan lingkungan menjadi begitu sangat dingin.
      Selain di amati dari pemandangan sekitarnya keadaan lingkungan kawah darajat pass juga bias diamati dari kebersihannya, dan ternyata sejauh mata memandang tidak terlihat sampah atau limbah – limbah yang menumpuk di sekitar pemandian kawah darajat pass. Dengan begitu, dapat lah di katakan bahwa keadaan lingkungan di pemandian kawah darajat pass Kecamatan pasirwangi sangat baik dan kebersihannya di jaga dengan baik.

Description: E:\K.add.n ling peng_3.jpgDescription: E:\K.addan ling. Peng.3.jpg
Gambar.1dan 2 Lingkungan pemandian kawah darajat pass




BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
1.      Dari pengamatan yang di lakukan penulis, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa air yang berasal dari sebuah gunung atau langsumg dari kawah, suhunya dapat di tentukan oleh keadaan cuaca sehari-hari sehingga kadar air itu tidak dapat di amati. Dan fasilitas yang ada di pemandian kawah drajat pass itu adalah di pemandian itu terdapat empat kolam, dan adanya ruang ganti.
2.      Di adakannya pemandian wisata kawah darajat mampu memanfaatkan keindahan atau menjadi lebih yang berguna dan menguntungkan bagi orang lain.
3.      Keadaan lingkungan di pemandian wisata kawah darajat pass kecamatan pasirwangi sangat baik, bersih di sekelilingnya terdapat pemandangan yang sangat indah.

B.     Saran
Dari pengamatan yang di lakukan penulis, maka penulis menyarankan, diantaranya ;
1.      Penulis menyarankan agar pengelola pemandian kawah darajat pass menambahkan fasilitas yang ada di kawah darajat yang berguna untuk menambahkan minat pengunjung untuk berwisata ke pemandian kawah darajat pass kecamatan pasirwangi.
2.      Penulis menyarankan supaya pengelola kawah darajat pass mampu menjaga keindahan pemandian kawah darajt pass jecamatan pasirwangi.

3.      Di dalam menjaga keadaan lingkungan di sekitar pemandian wisata kawah darajat pass yang sudah baik, hendaknya semua pihak mampu mempertahankannya agar tetap bersih dan indah.


logoblog

Thanks for reading Laporan Pengamatan kedaan Tempat Wisata kawah darajat

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment