Blog Archive

Pages - Menu

Monday 25 January 2016

KLIPING EKONOMI

  Unknown       Monday 25 January 2016



SEJARAH PERBANKAN


Usaha perbankan dimulai dari zaman Babylonia, dilanjutkan ke zaman Yunani Kuno dan Romawi. Pada saat itu, kegiatan utama bank hanya sebagai tempat tukar menukar uang. Selanjutnya, kegiatan bank berkembang menjadi tempat penitipan dan peminjaman uang. Uang yang disimpan oleh masyarakat, oleh bank dipinjamkan kembali ke masyarakat yang membutuhkannya.
Sementara itu, mengenai sejarah perbankan di Indonesia tidak terlepas dari zaman penjajahan Hindia Belanda. Pada saat itu terdapat beberapa bank yang memegang peranan penting di Hindia Belanda antara lain: De Javasche NV, De Post Paar Bank, De Algemenevolks Crediet Bank, Nederland Handles Maatscappij (NHM), Nationale Handles Bank (NHB), dan De Escompto Bank NV.
Di samping itu, terdapat pula bank-bank milik pribumi, Cina, Jepang, dan Eropa lainnya. Bank-Bank tersebut antara lain: Bank Nasional Indonesia, Bank Abuah Saudagar, NV Bank Boemi, The matsui Bank, The Bank of China, dan Batavia Bank.
Di zaman kemerdekaan perbankan di Indonesia bertambah maju dan berkembang lagi. Beberapa bank Belanda dinasionalisir oleh pemerintah Indonesia. Bank-bank yang ada di zaman awal kemerdekaan


ASAS, FUNGSI, DAN TUJUAN PERBANKAN INDONESIA

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, perbankan Indonesia dalam melakukan usahanya berasaskan demokrasi ekonomi dengan menggunakan prinsip kehati-hatian. Demokrasi ekonomi itu sendiri dilaksanakan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Berdasarkan asas yang digunakan dalam perbankan, maka tujuan perbankan Indonesia adalah menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pembangunan dan hasilhasilnya, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak.
Berdasarkan UU No. 10 Tahun 1998, fungsi bank di Indonesia adalah:
a. Sebagai tempat menghimpun dana dari masyarakat Bank bertugas mengamankan uang tabungan dan deposito berjangka serta simpanan dalam rekening koran atau giro.
Fungsi tersebut merupakan fungsi utama bank.
b. Sebagai penyalur dana atau pemberi kredit Bank memberikan kredit bagi masyarakat yang membutuhkan terutama untuk usaha-usaha produktif.



NILAI RUPIAH STAG

Nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS pada pagi, Senin (16/4/2012), belum bergerak alias stag. Itu seiring dengan tarik-menarik sentimen positif dan negatif di pasar finansial. Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta pagi ini masih di posisi Rp9.164 per dolar AS. “Bank Dunia memperkirakan ekonomi China masih dapat tumbuh menjadi sentimen positif global. Namun dari dalam negeri, serapan belanja masih di bawah target, ada sentimen tarik-menarik,” ujar pengamat pasar uang Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih di Jakarta, Senin.
Lana mengatakan serapan belanja di dalam negeri masih dibawah target itu membuat sumber pembiayaan yang berasal dari utang dapat dikatakan ‘idle’ dan hanya menambah beban belanja yang tidak produktif. Dari eksternal, lanjut dia, ekonomi China yang semula ditargetkan hanya tumbuh 7,5 persen, tampaknya dapat tumbuh lebih tinggi. “Bank Dunia memperkirakan ekonomi China masih bisa tumbuh sebesar 8,2 persen untuk tahun 2012. Pemerintah China juga memperbesar porsi pembelian asing di saham dan obligasi serta besarnya yuan yang dipegang di luar negeri yang diinvestasikan diluar China,” kata dia. (rosa/mt)


UANG


Uang memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari karena dengan uang kita dapat memenuhi kebutuhan hidup kita. Sehingga tidak heran bila ada statement bahwa uang merupakan darah dari perekonomian. Walaupun orang bijak mengatakan bahwa uang bukanlah segala-galanya, namun hidup tanpa uang adalah sebuah derita.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi uang:

# TRI KUNAWANGSIH & ANTO PRACOYO
Uang merupakan alat tukar yang diterima pleh masyarakat sebagai alat pembayaran yang sah atas kesatuan hitungnya


Kurs Valuta Asing

 Valuta Asing yang biasa disingkat Valas atau dalam bahasa inggris dikenal sebagai forex ( singkatan dari Foreign Exchange ), yang berarti pertukaran uang dari nilai mata uang yang berbeda. Pasar Valuta Asing ini menyediakan pasar sarana fisik maupun dalam pasar kelembagaan untuk melakukan perdagangan mata uang asing, menentukan nilai tukar mata uang asing, dan menerapkan managemen mata uang asing.
Pasar Valuta Asing ini memiliki fungsi sebagai berikut:
  • Melakukan transfer mata uang sebuah negara dengan negara lain, agar bisa dipergunakan di negara tersebut ( mentransfer daya beli antar negara )
  • Mendapatkan atau menyediakan kredit untuk membiayai transaksi perdagangan internasional
  • Sebagai sarana untuk memperkecil resiko karena perubahan kurs.
Sebenarnya, kegiatan perdagangan dari valuta asing (valas) ini sudah hampir dilaksanakan oleh semua orang di dunia sehingga sangat dekat dalam kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Contoh Anda pergi keluar negeri untuk bisnis atau wisata, membeli barang diluar negeri, melakukan kegiatan ekspor barang ke luar negeri maupun impor barang dari luar negeri. Semua ini melibatkan pertukaran dan perdagangan mata uang asing. Pasar valuta asing ini merupakan bentuk pasar keuangan terbesar di dunia.

logoblog

Thanks for reading KLIPING EKONOMI

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment