Blog Archive

Pages - Menu

Monday 25 January 2016

KLIPING BENCANA ALAM

  Unknown       Monday 25 January 2016

BANJIR JAKARTA

Banjir Jakarta terjadi akibat paduan beragam faktor. Dari sisi meteorologi, beberapa hari sebelum banjir, hujan mengguyur wilayah Jakarta dan merata, mencapai intensitas 40 - 100 mm. Hujan yang merata mengakibatkan volume air yang menggenang besar.

Besarnya volume air mungkin bisa ditampung bila faktor-faktor lain, seperti sistem drainase, situ yang berfungsi baik, dan tata kota, mendukung.

Sayangnya, kejadiannya tak demikian. Tata kota Jakarta parah, situ tak berfungsi baik, sementara drainase Jakarta juga buruk. Akibatnya, volume air yang menggenang besar, bahkan menjebol tanggul.

Banjir terjadi di wilayah yang cukup luas, bahkan kawasan Bundaran Hotel Indonesia dan Menteng pun terendam. Dari bencana bajir ini, setidaknya 20 orang tewas.




Topan Haiyan



Topan Haiyan adalah bencana meteorologi terparah tahun 2013. Saking parahnya, topan Haiyan disandingkan dengan tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004.

Topan Haiyan menghantam beberapa wilayah. Namun, wilayah yang paling terdampak adalah Filipina. Topan itu menghantam wilayah tacloban, Filipina, dengan kecepatan 313 km. Perserikatan Bangsa-bangsa memerkirakan, jumlah korban tewas akibat topan Haiyan mencapai 4.460 orang.

Di luar korban tewas, jumlah korban luka juga mencapai ribuan sementara banyak penduduk kehilangan tempat tinggal.

Bencana topan Haiyan menjadi pembicaraan dalam COP-19 di Warsawa, Polandia, yang membahas tentang perubahan iklim. Delegasi Filipina, Yeb Sano, menyebutkan bahwa topan Haiyan adalah salah satu bentuk "kegilaan iklim", menunjukkan kaitan antara bencana dan perubahan iklim.





Ledakan Meteor Rusia

AP Photo/Nasha gazeta, www.ng.kz Adegan yang diambil dari rekaman video seorang pengendara mobil dari Kostanai, Kazakhstan, ke Chelyabinsk, Rusia, Jumat (15/2/2013) memperlihatkan bola api besar meteor yang meledak.

Ledakan meteor Rusia bisa dikatakan sebagai bencana akibat obyek antariksa yang paling besar tahun 2013. Ledakan yang bersumber dari asteroid yang masuk atmosfer Bumi ini terjadi pada 15 Februari 2013 di kota Chelyabinsk, Rusia.

Ada lima fakta yang membuat ledakan ini "wow". Pertama, meski tak ada korban tewas, korban luka-luka akibat ledakan mencapai ribuan orang.

Kedua, ukuran asteroid yang menyebabkannya mencapai 2 kali rumah tipe 36. Energi akibat ledakan yang dilepaskan mencai 25 kali bom Hiroshima. Meteor, asteroid yang masuk ke atmosfer, 4 kali lebih terang dari purnama. Terakhir, jejak asap ledakan sangat panjang, 1/3 panjang Pulau Jawa.

Peristiwa ini kembali mengingatkan adanya ancaman bencana dari antariksa yang walaupun risikonya relatif kecil tetapi masih tetap patut diwaspadai.





Gempa Pakistan


.

Gempa Pakistan tercatat sebagai gempa paling mematikan pada tahun 2013. Total kematian mencapai 800an orang.

Gempa Pakistan terjadi 2 kali. Gempa pertama terjadi 24 September 2013 dengan magnitud 7,7 serta episentrum 66 km di timur laut Awaran di provinsi Balochistan. Total kematian akibat gempa ini 825 orang.

Sementara, gempa kedua terjadi pada 28 September 2013 dengan magnitudo 6,8, menewaskan 45 orang.

Yang aneh, gempa Pakistan memunculkan pulau baru. Diduga, pulau terbentuk dari lapisan tanah yang berasal dari kawah lumpur. Pulau bari yang terdiri atas gundukan batu dan lumpur itu tingginya 18 meter. Gundukan tersebut memiliki panjang 30 meter dan lebar 76 meter.

Selain gempa Pakistan, gempa Aceh pada 2 Juli 2013 dengan magnitudo 6,1 juga tercatat sebagai salah satu yang mematikan. Jumlah korban mencapai 35 orang.





Meletusnya Gunung Sinabung



Erupsi Sinabung bisa dikatakan salah satu bencana vulkanologi yang parah tahun ini. Salah satu letusan dahsyat Sinabung terjadi pada 25 November 2013. Dalam waktu 2 jam saja, Sinabung bererupsi tiga kali dengan ketinggian embusan asap mencapai 2 kilometer. Sementara, hujan abu terjadi hingga radius 7 km.

Aktivitas Sinabung tahun ini mendapat perhatian dari dunia, diberitakan oleh beragam media internasional. Sinabung dikatakan "bangun" setelah tidur ratusan tahun.

Status Sinabung terus disesuaikan sejak letusan pada September 2013. Pada 15 September, letusan Sinabung dinaikkan dari Waspada ke Siaga. Sempat diturunkan kembali menjadi Waspada pada 29 September, pada akhir November status Sinabung dinyatakan Awas. Akibat erupsi Sinabung, 14.000 orang terpaksa dievakuasi.




Angin puting beliung terbangkan 38 rumah di Tulungagung


Angin puting beliung menerjang Desa Sobontoro dan Moyoketen, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur pukul 15.00 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung mendata ada 38 unit rumah rusak, termasuk kediaman artis dangdut Dewi San-san. Meski tidak menimbulkan korban, kerusakan akibat angin ini ditaksir hingga puluhan juta rupiah.

"Kejadiannya sangat cepat, tidak lebih dari lima menit angin ribut datang menerjang dan menyebabkan sebagian besar atap warga beterbangan. Beberapa bangunan dan tanaman juga rusak," tutur Dewi San-San seperti dikutip Antara, Minggu (4/5).

Peristiwa ini bukan yang pertama, seingat artis dangdut ini sudah sepekan angin puting beliung mampir ke desanya.

"Rusaknya tidak parah, tetapi yang dulu aja belum selesai diperbaiki ini sudah diterjang angin lagi," tuturnya sambil membersihkan puing rumah.

Kini pihak Kepolisian, anggota TNI, Satpol PP serta petugas kecamatan dan BPBD sudah berada di lokasi. Camat Boyolangu Sugiar mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan bagi seluruh masyarakat yang telah menjadi korban puting beliung.



Badai Haiyan, Filipina

Badai Haiyan atau Typhoon Haiyan yang terjadi di Filipina merupakan salah satu bencana alam terburuk yang terjadi di tahun 2013. Bencana yang terjadi pada bulan November tersebut membunuh lebih dari 6.000 nyawa. Selain itu dilaporkan ada sekitar 1.800 orang yang hilang. Bencana ini menjadi salah satu perhatian dunia. Bahkan tokoh sepakbola Wayne Roone pun turut menyampaikan rasa prihatinnya terhadap bencana ini




Banjir Meksiko

Banjir tak hanya terjadi di Indonesia. Tahun lalu banjir besar juga terjadi di negara Meksiko. Banjir parah ini merenggut 55 nyawa dan membuat 750.000 terpaksa harus mengungsi. Banjir Meksiko terjadi pada bulan September 2013




Topan Phailin, India


Topan Phailin melanda pesisir timur India pada bulan Oktober 2013 lalu. Topan ini merupakan yang terparah sejak 1999 yang melanda negara tersebut. Sekitar satu juta orang dievakuasi pada kejadian ini. Bencana ini menewaskan ratusan orang di India





Banjir Kanada

Bencana banjir juga terjadi di negara Kanada. Tepatnya di provinsi Alberta. Bencana yang terjadi pada bulan Juni 2013 ini diakibatkan oleh curah hujan yang sangat tinggi di wilayah Alberta. Akibat bencana ini sekitar 100.000 orang terpaksa mengungsi. Dilaporkan ada 4 orang meningga dunia akibat bencana ini



logoblog

Thanks for reading KLIPING BENCANA ALAM

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment