Blog Archive

Pages - Menu

Sunday 17 January 2016

Proposal Ternak Domba

  Unknown       Sunday 17 January 2016


KELOMPOK TERNAK
......................................
 Kp. ...................................... Desa ................... Kec. ................... Kab. ...................

Nomor             : 07/KT-SR/II/2013                             ..................., ...................
Lampiran         : 1 (satu) berkas                                   Kepada Yth.
Perihal             : Permohonan Bantuan Dana          Bpk. Menteri Pertanian RI
Melalui
Dirjen peternakan dan
Kelautan
Di
Jakarta
Assalamu’alaikum wr.wb
Bersama ini kami selaku pengurus Kelompok Ternak......................................” di Kp. ...................................... Desa ................... Kecamatan ................... Kabupaten ................... akan melaksanakan pengembangan usaha budidaya Domba ...................
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, dengan ini kami memohon kepada Bapak untuk dapat memberikan dukungan serta bantuan sebagai motivasi dalam menjalankan kegiatan tersebut
Demikian surat ini kami sampaikan, besar harapan kami agar Bapak dapat mengabulkan permohonan kami, sebagai bahan pertimbangan Bapak dengan ini kami lampirkan satu berkas proposal. Atas segala perhatian serta dukungan Bapak kami ucapkan banyak terima kasih
Wassalamu’alaikum wr.wb
 Ketua Kelompok



...................
Sekretaris



...................

Mengetahui,
Kepala Desa
...................
 Kepala UPT Disnakanla
Kec. ...................
Camat
Kec. ...................




(...............................)





(......................................)
NIP. ...............................




(......................................)
NIP. ..............................

KATA PENGANTAR


Proposal ini kami buat dan diajukan dengan harapan dapat dijadikan sebagai bahan kajian dan bahan pertimbangan untuk semua pihak, khususnya pihak pemerintah yang peduli terhadap upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi para peternak di pedesaan yang selama ini masih terpuruk.
Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat pedesaan, serta, memperluas lapangan pekerjaan sehingga nantinya mampu menjadi desa mandiri dimana kehidupan masyarakatnya .tidak lagi selalu tergantung terhadap uluran tangan pihak pemerintah belaka.
Dalam penyusunan proposal Ini, kami sadar masih terdapat banyak kekurangan. Untuk itu, saran dan kritik sangat karni harapkan untuk dijadikan sebagai bahan perbaikan di masa mendatang. Atas perhatian dan terkabulnya proposal ini, kami ucapkan terima kasih dan semoga mendapat balasan setimpal dari Allah SWT, amin


..................., ...................





KELOMPOK TERNAK......................................
Ketua




............................
Sekretaris




..............................


KELOMPOK TERNAK
......................................
 Kp. ...................................... Desa


A.      PENDAHULUAN
Petranian dan peternakan telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat Indinesia. Konstribusi  pertanian terhadap PDRB tetap masih lebih tinggi dibandingkan industri dan sektor lainya. Pertanian juga menyediakan lapangan pekerjaan terbesar bagi masyarakat di pedesaan. Dalam konteks Indonesia yang memiliki potensi  alam luar biasa. Kegiatan bertani dan berternak telah menyatu dalamm dinamika sosial ekonomi masyarakat. Lahan yang subur, iklim yang kondusif, air yang berlimpah telah menjadi kekayaan yang tak ternilai.
            Kesadaran sebagain negara, agraris telah tumbuh  dalam khazanah pemikiran dan budaya yang sangat banyak, lahanpertanian yang juga, dan potensi hutan yang besar, walaupun sumberdaya tersebut secara perlahan telah terekspotasi di masyarakat di masyarakat Indonesia, negara yang kaya sumberdaya memiliki sumberdaya kelautan  atas kemampuan alam untuk melakukan recovery.
Kabupaten  ................... adalah bagia dari kekayaan sumber daya alam indonesia, juga memiliki  basis pertanian yang kuat yang menyediakan lapangan bagi masyarakatnya. Sayangnya arah pengembangan kawasan pertanian kenarah industrilisasi pertanan,(argo industri) belum sepenuhnya berjalan. Di sisi lain banyak halklasik masalah pertanian tradisional seperti masalah lahan yang terfragmentasi menjadi luasan kecil dibwah 0,3 Ha perkeluarga. Kapasitas modal terbatas, dan Skala usaha yang rendah masih meniadi kendala yang terns menerus belum dapat diselesaikan.
Kondisi pembangunan prtanian dan perternaka di Kabupaten ................... tidak terlepas dari konteks makro, pembangunan pertanian saat ini minidikator pendapatan rata-rata petani maupun perternak menunjukan bawah arah perbangunan pertanian, peternak masih perlu  direvitalisasi. Terlebih penduduk Kabupatn ................... yang mempunyai mata pencaharian sebagai petani berkisar 70%.
                      Pembangunan peternakan sebagai salah satu pembangunan pertanian saat ini merupakan salah satu  prioritas revitalisasi. Hal tersebut karena kondisi peternak domba ................... masih banyak yang kurang sejahtera, padahal produk peternakan diperlukan oleh jutaan atau milyaran orang yang mengkonsumsi makanan dari hasil  ternak, secara umum peternak ( terutama peternak rakyat) kehidupanya masih sangat terpinggirkan. Kondisi demikian sesungguhnya tidak perlu terjadi karena sebagian besar produk peternakan bernilain ekonomis seperti  daging, kulit, bahkan dari hal kecilpun dari produk peternakan seperti kotoran bisa menghasilkan tambahan penghasilan. Nilai tambah lain yang dapat dikelola adalah mengintegrasikan pertanian tanaman pangan  dengan peternakan dalam hubungan simbiosis  mutulisme yang saling menguatkan dan saling memberi manpaat bagi secara ekonomis maupun manpaat ekologis.
          Urgensi pembangunan pertenakan domba ................... hanya bisa diihat dari apek ekonomi, tetapi  aspek kesehatan masyarakat. Sebagai bahan perdaginganonsumsi kebutuhan daging sapi di Jawa Barat sefim-tahun 40% masih infort dariluar negeri. Kondisi demikian mengidilasikan nms&besarnya kebutuhan komsumsi daging dijawa barat umumnya di Indonesia yang depot docombi oleh sumber peternak domba ................... nasional.
Keberadaan sentra produksi peterakan domba ................... tidak bisa diepskn sendiri kebijakan nasiona pengembangan. Peternakan introduksi komidition peternakan telah dilakukan bahkan sejak jaman penjajahan dengan tuuan untuk mencukupi daging nasional. Namun demikian, sampaisaat ini upaya memenuhi kebutuhan daging domba secara nasional belum pernah terpenuhi.
Kekurangan kebutuhan daging saat ini ada tren positif diman terdapat kecendrungan harga daging import semakin mahal sehingga harga daging lokal ikut naik. Kondisi ini sangat baik dan merupakan kabar gembira bagi peternak , setidaknya tidak tergantung kepada regulasi pemerintahan. Dengan perkembangan tersebut maka dagimg domba lokal akan sangat diminati masyarakat ataupun industri.
Maka demikian pemerintah Kabupaten ................... dalam dihadapi dengan tangtangan besar untuk mendorong peternak agar mampu memproduksi daging domba sesuai dengan persyaratan kualitas industri. Inti permasalhan paling krusial darp pengembangan peternakan domba ................... di Kabupaten ................... adalah rendahnya kesejahtraan peternak. Terdapat banyak penjelasan mengapa mereka berada dalam kondisi tertekan secara ekonomi, namun bermauara produksi dan kualitas .secara  alamiah akan mampun melakukan peningkatan kavital kalau harga daging domba ................... meningkat dan  iklim yang kondusip. Upaya tersebut di perlukan agar mereka bisa keluar dari masalah pendapatan atau yang pas-pasan di tengah himpitan inplasi dan harga kebutuhan pokok yang terus naik.
Masalah peternakan dari persfektif produk adalah produksi adaah perlu adanyaa pengembagan jumlah domba, sementara dari presfektif ekonomi adalah keterbatasan modal, lahan, eknolog, sarana dan prasarana yang tidak meandandai.
Mereka sangat tergantu usaha beternak domba walaupun dalam kondisi subsistem. Diperrlukan sebuah konsep tersebut tidak menempatkan peternak sebagai umber masalah, tetapi meniadakan peternakan sebagai titipan. Bahwa persoalan yang melekat pada peternak sejatinya adalah akibat dari sebab-sebab lain yang lebih elementer.
Untuk memberikan arah pemecahan maalah terhdap, beberapa masalah pebangunan tarap hidu dan ekonomi msyarakat khusususnya masyarakat petani dan peternak kecil dierlukan suatu divesivikas usahamelalui beternak dan budidaya domba sebagai alternatif  mengikat taraf hidup dan kehidupan secara baik dan optimal. 

B.     MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan dari program ini adalah sebagai berikut :
  1. Sarana untuk mendapatkan penghasilan
  2. Menampung tenaga kerja
  3. Memperluas jaringan pemasaran
  4. Membantu program pemerintah dalam memberantas kemiskinan dan pengangguran
  5. Melestarikan budidaya Doma ................... yang berkualitas
  6. Meningkatkan daya saing pasar yang sehat


C.      Hasil Yang Akan Dicapai
Setelah mendapat program bantuan peternakan domba ini diharapkan :
a.        peternak dan petani yang mendapat bantuan diharapkan untuk melaksanakan usaha peternakan melaui Kelompok Belajar Usaha (KBU)
b.       Peternak dan petani mampu memenuhipermintaan pasar baik dan segi kualitas, kuantitas, maupun kontinuitas
c.        Di samping itu, kegitan ini juga di dukung tokoh masyarakat setempat, misalnya RT,RW, dan Kepala Desa yang selama ini selalu merasa perhatin dengan kondisi warga masyarakatnya.

D.    Manfaat
a. peningkatan efektivitas pengelolaan hasil produksi peternakan domba ................... di Kabupaten ................... khususnya di Kp. .......................................
b. Perbaikan taraf hidup dan kehidupan dengan adanya peningkatan kesejahtraan masyarakat peternak dan petani khususnya pemasukan pendapatan dengan lebih baik.
c. Terjalinya pola komunikasi dan koordinasi antara peternak dan petani dengan unsur instansi terkait secara berkelanjutan.

E.     Sasaran
Sasaran pengembangan domba ................... adalah anggota kelompok ternak yang tergantung didalamnya kelompok ternak”......................................” yang berada di .......................................

F.     Penganggaran
Penganggaran program dibiayai oleh bantuan pemerintah Kabupaten ................... Dana tersebut digunakan untuk keperluan kegiatan yang meliputi pembelian bibit domba ...................,obat-obatan serta kebutuhan lainya sesuia dengan rencana kegiatan kelompok ternak “......................................”.

G.      Kegiatan Penyelenggara
1.    Gambaran Umum Kegiatan
Secara umum , seluruh kegiatan dilaksanakan melalui langkah-langkah sebagai berikut:
a.    Persiapan
·         Identifikasi
·         bIdntifikasi kebutuhan pengembangann domba
·         Pembuatan domba
b.    Perencanaan
·         Pemhetaan kebutuhan dan masalah peternak dan petani berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan
·         Penyusunan rencana program
c.    Pelaksanaan
·         sosislisasi kegiatan
·         kegiatan pengembangan
·         kegiatan usaha produksi
·         Monitoring dan surpevise
d.      Monitoring dan surpevise
§  Monitoring, dilakukan terhadap seluruh proses kegiatan di saat kegiatan sedang berlansung
§  Surpervisi, dilakukan ketika ada hasil kerja yang kurang optimal sehingga perlu ada upaya peningkatan kinerja bagi anggota kelompok
e. pelaporan dilakukan saat program mulai berlansung pada pertengahan program dan akhir program




H.    Rencana Anggaran Biaya
No
Uraian  Barang
Satuan
Harga satuan
Jumlah
1
Betina
60
2.600.000
156.000.000
2
Jantan
10
3.900.000
39.000.000
JUMLAH
195.000.000
Terbilang : Seratus  sembilan puluh lima juta rupiah

I.       Penutup
Demikian proposal kegiatan program peternakan pengembangan domba ................... unggulan dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat semoga apa yang kami lakukan ini menjadi jembatan sukses dan kemajuan ekonomi di Desa ................... Kecamatan ................... pada umumnya dan kelompok ...................................... khususnya
            Atas segala bantuan dan perhatian kami ucapkan terima kasih.


KELOMPOK TERNAK......................................
Ketua




...................
Sekretaris




...................












KELOMPOK TERNAK
“......................................”
 Kp. ...................................... Desa ................... Kec. ................... Kab. ...................


SUSUNAN KEPANIITIAAN

Ketua                          :    ...................
Sekertaris                    :    ...................
Bendahara                   :     
Seksi-Seksi                 :
Humas                        :     
Pemasaran                   :     
Lapangan                    :     
Produksi                      :     
Anggota                      :   





KELOMPOK TERNAK......................................
Ketua




...................
Sekretaris




...................

\



KELOMPOK TERNAK
“......................................”
 Kp. ...................................... ...................Desa ................... Kec. ................... Kab. ...................


FAKTA INTEGRITAS

Saya yang bertanda tangan dibawah ini
Nama                                        : ...................
Jabatan                                      : Ketua
Bertindak untuk dan atas nama kelompok ......................................

Dalam rangka pengelolaan bantuan ternak Domba ................... untuk kegiatan Penanganan Daerah Rawan Pangan (pengelola) tahun 2013 dengan ini menyatakan bahwa:
1.      Tidak akan malakukan praktek korupsi kolusi dan Nepotisme (KKN)
2.      Akan melaporkan kepada intansi pengawasan Kabupaten ................... apabila mengetahui ada indikasi KKN di dalam proses pengadaan ini
3.      Akan mengetahuin proses pengelolaan secara bersih, transparan dan profesional untuk memberikan hasil kriteria terbaik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan
4.      Apabila melanggar hal-hal yang dinyatakan dalam FAKTA INTREGRITAS ini, bersedia menerima sanki administratif, digugat secara perdata dan atau dilaporkan seara pidana.

                                                                              Ketua
                                            Kelompok Ternak ......................................



                                            ...................



KELOMPOK TERNAK
“......................................”
 Kp. ...................................... Desa ................... Kec. ................... Kab. ...................

       
SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB  PERMOHONAN DANA DOMBA ...................

Nama                                  : ...................
Jabatan                                : Ketua
Alamat                                : Kp. ...................................... RT/RW 03/16 Ds. ...................    
                                              Kec. ................... Kab. ...................
No.Telp/Hp                         :
Bertindak untuk dan atas nama kelompok ......................................

Dengan ini menyatakan bahwa sebenernya bahwa untuk memenuhi tujuan transparasi dan akuntabilitas penggunaan belanja hibah

1.      Bertanggung jawab penuh baik formal maupun materiil atas penggunaan belanja hibah yang diterima
2.      Akan menggunakan belanja hibah sesuai dengan rencana penggunaan proposal yang telah disetujui
3.      Bersedia di audit secara independen sesuai peraturan perundang-undangan.

Demikian pernyataan ini di buat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta ada unsur paksaan dari pihak manapun

                                                                        ..................., Pebruari 2013
                                                                        Kelompok Ternak
                                                                        ......................................


                                                ...................





KELOMPOK TERNAK
“......................................”
 Kp. ...................................... Desa ................... Kec. ................... Kab. ...................


SURAT PERNYATAAN SIAP UNTUK DIPERIKASA


Nama                                  : ...................
Jabatan                                : Ketua
Alamat                                : Kp. ...................................... Ds...................   
                                              Kec. ................... Kab. ...................
No.Telp/Hp                         :
Bertindak untuk dan atas nama kelompok ......................................


Menyatakan dengan sebenarnya bahwa untuk memenuhi tujuan transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana hibah pada kegiatan penanganan  Daerah Rawan Pangan Bersedia di audit seara independen.

Demikian pernyataan ini di buat dengan penuh kesadraan dan rasa tanggug jawab serta tidak  ada unsur paksaan dari pihak manapun.

           
...................,   Pebruari 2014
                                                                                    Kelompok Ternak
                                                                                    ......................................





...................







PEMERINTAH KABUPATEN ...................
KECAMATAN ...................
DESA ...................


REKOMENDASI
Nomor :

Kepala Desa ................... Kecamatan ................... Kabupaten ................... menyatakan Bahwa :
1.      Kelompok ...................................... yang beralamat di Kp. ...................................... ...................Desa ................... Kec. ................... Kab. ................... , siap menerima bantuan hibah berupa ternak domba ................... kegiatan penanganan daerah rawan pangan
2.      Kelompok ...................................... siap mengembangkan bantuan hibah ternak domba ................... sesuia dengan ketentuan yang berlaku dan dalam AD/ART kelompok
Demikan surat ini rekomendasikan ini dibuat dan disampaikan untuk dapat dipergunakan sebagai mana mestinya





..................., Pebruari 2013
Kepala Desa ...................





( ............................)






 KELOMPOK TERNAK
“......................................”
 Kp. ...................................... Desa ................... Kec. ................... Kab. ...................



SUSUNAN KEPENGURUSAN

Ketua                   :    ...................
Sekretaris             :    ...................
Bendahara           :     
Anggota               :   
logoblog

Thanks for reading Proposal Ternak Domba

Previous
« Prev Post

1 comment: