Blog Archive

Pages - Menu

Tuesday 26 January 2016

Makalah Jenis-jenis Komputer

  Unknown       Tuesday 26 January 2016
KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah S.W.T yang telah memberi rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan makalah ini akhirnya bisa diselesaikan.   Penulis menyadari bahwa masih banyak ketidaksempurnaan pada penulisan makalah ini, baik isi maupun redaksinya, oleh karenanya kritik dan saran yang membangun diharapkan dapat memperbaiki makalah ini untuk selanjutnya.
            Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik secara langsung ataupun tidak terhadap terselesaikannya makalah ini.
            Akhir kata, insya Allah makalah ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya.



Kadungora,  Maret 2012
Hormat kami

Penulis



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ............................................................................................ i
DAFTAR ISI ........................................................................................................... i
BAB I        PENDAHULUANA ........................................................................... 1
A.    Latar Belakang ............................................................................... 1
B.     Tujuan ............................................................................................ 1
BAB II       PEMBAHASAN ................................................................................. 2
A. Komputer analog (Analog computer).............................................. 2
B. Komputer Digital (Digital Computer)............................................. 2
C. Komputer Hybrid (Hybrid Computer)............................................ 3
D. Jenis Jenis Komputer Berdasarkan Penggunaan Pribadi
    (Personal Computer)........................................................................ 5
BAB III     PENUTUP............................................................................................ 6
A.    Kesimpulan .................................................................................... 6
B.     Saran .............................................................................................. 6
DAFTAR PUSTAKA  




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.
Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).

B.     Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah penulis ingin mengetahui ada berapa jenis-jenis komputer, dan bagaimana awalnya komputer itu dibuat, serta untuk menyelesaikan tugas dari guru bidang studi TIK


BAB II
PEMBAHASAN

A. Komputer analog (Analog computer)
Komputer analog digunakan untuk memproses data secara terus-menerus. Keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, contohnya besaran arus listrik. Keuntungan dari komputer analog adalah dapat langsung memproses data dalam besaran fisik tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu. Dan kerugiannya adalah komputer jenis ini kecepatannya sangat lambat
Komputer analog digunakan untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan dan bukan data yang berupa angka, melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dan sebagainya. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian suatu mesin. Komputer ini banyak digunakan pada proses pengendalian pabrik kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk mengatur denyut jantung. Kelebihan komputer analog adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan dapat langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversi dulu sehingga prosesnya lebih cepat. Keluarannya biasanya berbentuk graif atau bentuk dial. Contohnya pada besaran pada arus listrik yang berupa gambar-gambar grafik sinyal. Kekurangan jenis komputer ini terletak

B. Komputer Digital (Digital Computer)
Komputer digital digunakan untuk memproses diskrit data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik. Keluaran dari komputer jenis ini bisa dalam bentuk angka,huruf dan grafik atau gambar. Komputer jenis ini sangat cocok untuk aplikasi bisnis. karena dapat menyimpan data, proses data lebih cepat, dan dapat melakukan perhitungan dengan logika.
DIGITAL Merupakan hasil teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (disebut juga dengan biner)untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Sinyal tersebut disebut sebuah bit. Sinyal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu:
1.    Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
2.    Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri,
3.    Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk,
4.    Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif. Komputer mengolah data yang ada adalah secara digital, melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on atau off, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus on atau off inilah yang yang mampu membuat komputer melakukan banyak hal, baik dalam mengenalkan huruf, gambar, suara, bahkan film-film menarik yang anda tonton dalam format digital.


C.     Komputer Hybrid (Hybrid Computer)
Komputer hybrid adalah kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital, sehingga komputer jenis ini dapat melakukan pengolahan data kualitatif dan kuantitatif. Komputer hybrid lebih cepat lagi di bandingkan komputer jenis digital.
Secara umum, komputer analog yang sangat cepat, karena mereka dapat memecahkan sebagian persamaan yang kompleks pada tingkat di mana sinyal melintasi sirkuit, yang umumnya merupakan fraksi yang cukup dari kecepatan cahaya. Di sisi lain, ketepatan komputer analog tidak baik, mereka terbatas pada tiga, atau paling banyak, empat digit dari presisi.
Komputer digital dapat dibangun untuk mengambil solusi persamaan untuk presisi hampir tidak terbatas, tetapi cukup lambat dibandingkan dengan komputer analog. Secara umum, persamaan yang kompleks yang didekati dengan menggunakan metode numerik iteratif yang mengambil sejumlah besar dari iterasi, tergantung pada seberapa baik "menebak" awal pada nilai akhir dan berapa banyak presisi yang diinginkan. (Ini kira awal dikenal sebagai benih numerik untuk proses berulang.) Untuk operasi real-time banyak, kecepatan perhitungan digital seperti terlalu lambat untuk digunakan banyak (misalnya, untuk frekuensi sangat tinggi array radar bertahap atau untuk cuaca perhitungan), tetapi ketepatan komputer analog tidak mencukupi.
Hybrid komputer dapat digunakan untuk mendapatkan nilai sebuah 'benih' sangat baik namun relatif tidak tepat, menggunakan front-end komputer analog, yang kemudian dimasukkan ke dalam proses komputer digital iteratif untuk mencapai derajat yang diinginkan akhir presisi. Dengan tiga atau empat digit, benih numerik sangat akurat, perhitungan waktu total digital yang diperlukan untuk mencapai presisi yang diinginkan secara dramatis berkurang, karena iterasi lebih sedikit banyak diperlukan.
Pertimbangkan bahwa sistem saraf pada hewan adalah bentuk komputer hibrida. Sinyal melintasi sinapsis dari satu sel syaraf ke yang berikutnya sebagai diskrit (digital) paket bahan kimia, yang kemudian dijumlahkan dalam sel saraf dalam mode analog dengan membangun potensi elektro-kimia sampai ambang tersebut tercapai, dimana itu discharge dan mengirimkan serangkaian paket digital ke sel saraf berikutnya. Keuntungan paling tidak tiga: noise dalam sistem diminimalkan (dan cenderung untuk tidak menjadi aditif), tidak ada sistem grounding yang umum diperlukan, dan ada degradasi sinyal minimal bahkan jika ada perbedaan substansial dalam aktivitas sel sepanjang jalan (hanya penundaan sinyal cenderung bervariasi). Sel-sel saraf individu analog dengan komputer analog, sinapsis yang analog dengan komputer digital.
Perhatikan bahwa komputer hibrid harus dibedakan dari sistem hibrida. Yang terakhir ini mungkin tidak lebih dari sebuah komputer digital yang dilengkapi dengan converter analog-ke-digital pada input dan / atau konverter digital-ke-analog outputnya, untuk mengubah sinyal analog untuk pemrosesan sinyal digital biasa, dan sebaliknya, misalnya, untuk mengemudi sistem kontrol fisik, seperti
D.    Jenis Jenis Komputer Berdasarkan Penggunaan Pribadi (Personal Computer)
1. Desktop
Desktop adalah komputer pribadi yang ditujukan digunaan secara umum di satu lokasi serta dirancang untuk diletakkan dan digunakan di atas meja di rumah atau kantor. Periferal periferal Desktop seperti tampilan komputer, CPU, keyboard terpisah satu sama lain dengan ukuran relatif besar. Komputer jenis ini Desktop merupakan komputer yang paling terjangkau dan paling umum digunakan.
2. Laptop
Pengoperasiannya mirip dengan desktop, namun keunggulan laptop dapat dibawa kemana saja atau portable serta sudah satu paket dengan keyboard dan mouse. Laptop berjalan dengan menggunakan daya dari baterai atau adaptor eksternal yang mengisi baterai laptop.
3. Netbook
Fungsinya sama persis dengan laptop hanya saja yang membedakan adalah spesifikasi dari dari netbook yang lebih kecil serta ukurannya lebih kecil dari leptop.
4. Server
Komputer server dirancang untuk menyediakan layanan kepada mesin klien dalam jaringan komputer. Mereka memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan prosesor yang kuat. Komputer server berjalan dengan program yang melayani permintaan klien & mengalokasikan sumber daya seperti memori & waktu untuk mesin klien. Umumnya Komputer server ukurannya sangat besa, karena memiliki prosesor yang besar & banyak hard drive, serta dirancang kebal terhadap kegagalan dan bencana alam.
5. Komputer Tablet
Tablet adalah jenis komputer bergerak,menggunakan teknologi layar sentuh. Tablet terintergrasi dengan dengan layar keyboard atau menggunakan stylus atau pena digital. Apple iPad didefinisikan sebagai kelas komputer tablet.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks. Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge .

B.    Saran
Mudah-mudahan makalah ini bermanfaat bagi kita semua, melihat pembahasan di atas penulis menyarankan agar kita terus mengembangkan kemampuan TIK. Agar memudahkan pekerjaan kita


DAFTAR PUSTAKA

http://infokomputerrakitan.blogspot.co.id/2015/08/jenis-jenis-komputer.html




logoblog

Thanks for reading Makalah Jenis-jenis Komputer

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment