KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah S.W.T yang telah memberi rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan makalah ini akhirnya bisa diselesaikan. Penulis menyadari bahwa masih banyak ketidaksempurnaan pada penulisan makalah ini, baik isi maupun redaksinya, oleh karenanya kritik dan saran yang membangun diharapkan dapat memperbaiki makalah ini untuk selanjutnya.
Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik secara langsung ataupun tidak terhadap terselesaikannya makalah ini.
Akhir kata, insya Allah makalah ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya.
Kadungora, Maret 2012
Hormat kami
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................................ i
DAFTAR ISI ........................................................................................................... i
BAB I PENDAHULUANA ........................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN ................................................................................. 2
A. Bidang Pendidikan ....................................................................... 2
B. Bidang Industri dan Manufaktur .................................................. 3
C. Bidang Bisnis dan Perbankan ....................................................... 3
D. Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan ......................................... 4
E. Bidang Penerbangan dan Kemiliteran .......................................... 4
F. Bidang Kedokteran ....................................................................... 5
G. Bidang Kriminalitas ...................................................................... 6
H. Bidang Entertainment dan Games ................................................ 6
I. Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet) ............................ 7
BAB III PENUTUP............................................................................................ 8
BAB I
PENDAHULUAN
Banyak kalangan yang berpendapat
bahwa saat ini adalah era informasi global, dimana era ini bisa dilakukan
dengan memanfaatkan teknologi Informasi yang perangkat utamanya adalah
komputer. Informasi yang bisa dilakukan tidak hanya sekedar informasi suara
atau gambar, namun informasi yang disajikan bisa bersifat multimedia.
Kita dapat memanfaatkan komputer
dengan beragam cara mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit
foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun
untuk mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem ilmiah,
bisinis, mengendalikan mesin industri, bahkan mengendalikan pesawat ruang
angkasa.
Tujuan
penggunaan komputer adalah agar setiap data yang diolah dapat dihasilkan
informasi yang cepat, akurat, informatif dan efisien.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Bidang
Pendidikan
Pada dunia pendidikan termasuk di Indonesia, komputer sudah
diperkenalkan dan digunakan pada sekolah-sekolah dari pendidikan dasar sampai
tingkat perguruan tinggi. Bahkan untuk pendidikan di kota-kota besar komputer
sudah diperkenalkan sejak anak-anak masuk taman kanak-kanak atau play group
untuk bermain atau games. Selain diigunakan sebagai alat bantu untuk
pembelajaran yang interaktif, juga bisa bersifat audiovisual untuk memudahkan
proses pembelajaran itu sendiri. Komputer juga memberi kemudahan dalam mencari
dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran secara efektif dan efisien yaitu
dengan adanya perpustakaan elektronik (e-library). Selain itu banyak
peralatan laboratorium yang dilengkapi dengan komputer sehingga alat tersebut
dapat bekerja lebih teliti dan presisi, serta dapat mengatasi kendala hambatan
indra manusia, dan bisa digunakan sebagai simulasi.
Menurut pendapat Robert Taylor , peranan
komputer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL dan
TUTEE. Sebagai TUTOR, komputer berperanan sebagai pengajar melalui pendekatan
pengajaran berbantukan komputer. Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran
dikenali sebagai CBE (Computer Based Education).
Sebagai TOOL, komputer menjadi alat untuk memudahkan proses
pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran berintergrasikan
komputer. Komputer juga dugunakan untuk melakukan pengolahan data proses
pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan
sebagainya. Sebagai TUTEE komputer berperanan sebagai alat yang diajar, dan
bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut
dengan CAI (Computer Assist Instruction).
Saat ini dengan adanya jaringan global bidang teknologi
informasi, komputer juga bisa digunakan untuk melakukan pembelajaran jarak
jauh, antar daerah, pulau, bahkan antar benua yaitu dengan metode teleconference.
B.
Bidang
Industri dan Manufaktur
Di bidang industri, komputer telah dipergunakan untuk
mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer
Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer
Aided Manufacture), CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk
merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah
industri atau pabrik, misal sebuah mesin serba guna dalam industri metal
sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan
kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin-mesin
dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan
pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya.
Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot
yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang
dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya tangan
robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik
dan chip-chip pada motherboard komputer.
C.
Bidang
Bisnis dan Perbankan
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa
komputer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin,
periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.
Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information
system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada
perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada
perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. SIM diterapkan pada
semua tingkat atau level manajemen yang ada yaitu manajemen tingkat atas(top
management), manajemen tingkat menengah (middle management), dan
manajemen tingkat bawah (lower managementi).
Di perusahaan dagang seperti department store, telah
dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol
komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari
ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode
barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori dan sebagainya. Pada
perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk
menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan
sebagainya.
Komputer juga banyak digunakan untuk proses akuntansi,
melakukan analisa keuangan, neraca, rugi laba, dan sebagainya. Bahkan ada
beberapa software yang secara khusus disediakan untuk operasi akuntansi. Di
bidang perhotelan komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar
yang telah terisi dan masih kosong. Bahkan saat ini sudah masyarakat
untuk penjualan pertokoan kecil, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), apotik dan
bermacam-macam usaha kecil lainnya.
D.
Bidang
Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan
yang sulit dan membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan
oleh manusia. Ini biasanya digunakan untuk keperluan penelitian dan riset. Para
ahli biasanya akan mengadakan simulasi dengan komputer sebelum menguji coba
sesungguhnya dari hasil temuannya, misalnya membuat model reaktor nuklir,
membuat model-model atom dan molekul. Komputer juga bisa digunakan untuk bidang
ilmu pengetahuan alam misalnya mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan
angin, cuaca, dan sebagainya.
Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah
banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian
kerja pada ruang steril. Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk
menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer
digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.
E.
Bidang
Penerbangan dan Kemiliteran
Di bidang penerbangan dan luar angkasa komputer digunakan
untuk mengontrol kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian
pesawat, mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan
kecepatan. Komputer juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik
dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet.
Dibidang militer komputer digunakan untuk mengendalikan
senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam,
untuk melakukan simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi
rahasia militer.
F.
Bidang
Kedokteran
Di bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong
jiwa manusia, dan riset bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosa
penyakit, menemukan obat yang tepat, menganalisa organ tubuh manusia bagian
dalam yang sulit dilihat. Sistem CAT (Computerized Axial Tomography)
untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang
tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak
menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), yaitu melihat
gambar dari berbagai sudut organ tubuh.
SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography),
merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif untuk
mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentu gambar. Bentuk
lain adalah PET (Position Emission Tomography) juga merupakan sistem
komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Selain
itu NMR (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan
cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen.
Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA,
yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat. Ehud Shapiro beserta
timnya dari Institut Sains Weizmann, Rehovot, Israel, telah membuat komputer
DNA ultrakecil yang mampu mendiagnosis dan mengobati kanker tertentu.
Komponen penyusun komputer DNA adalah materi genetik yang diketahui urutan
basanya. Seperti diketahui bahwa urutan gen secara intrinsik mempunyai
kemampuan inheren untuk mengolah informasi layaknya komputer. Oleh karena itu
triliunan mesin-mesin biomolekul-yang bekerja dengan ketepatan lebih dari 99,8%
itu, dapat dikemas dalam setetes larutan. Komputer DNA-menggunakan untai
nukleotida sebagai masukan data, dan molekul biologi aktif sebagai luaran
data-dapat menghasilkan sistem kendali logis dari proses-proses biologi. Mesin
ini bahkan mampu mengerjakan soal-soal matematika.
G.
Bidang
Kriminalitas
Komputer dapat digunakan untuk Crime analaisis Support
system, yaitu sistem pendukung keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat
mempelajari fakta dan mengambil kesimpulan dengan cepat dan tepat, misalnya
mendeteksi pelanggaran lalu lintas, melakukan sidik jari, dan sebagainya.
Sistem komputer lain yang digunakan untuk bidang
kriminalitas adalah :
·
PROMIS
(Prosecutor-Offender management Information System), yang dapat
memberikan informasi mengenai masalah-masalah kriminalitas mana yang paling
penting dan dapat memberikan informasi mengenai bukti-bukti dari tertuduh untuk
dibawa ke pengadilan.
·
CATCH
(Computer-Assisted Terminal Criminal Hunt), menyediakan informasi
mengenai deskripsi secara mendetail dari orang-orang yang dicurigai dan akan
tampil di layer komputer.
·
MOTION
(Metropolitan Orleans Total Information Online Network), menyediakan
informasi tentang orang-orang yang pernah terlibat kejahatan berupa data
pribadi, nama samaran, sidik jari, dan foto dari berbagai sudut.
·
ARJIS
(Automated Reginal Justice Information System), menyediakan informasi
sidik jari dan tingkah laku pelaku kriminal.
H. Bidang Entertainment dan Games
Saat ini komputer tidak saja digunakan pada bidang-bidang
pekerjaaan dan penelitaian saja. Namun banyak yang digunakan untuk bidang
entertainment dan permainan (games).
Bidang entertainment misalnya untuk pembuatan animasi,
periklanan, settting, bahkan untuk bermain musik. Di bidang Permainan komputer
bisa digunakan untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi
dengan audiovisual yang menarik dan memberikan special efect. Bahkan
kita dapat bermain dengan teman dalam satu komputer. Atau kita bermain dengan
lawan dari komputer itu sendiri, misalnya bermain catur dan kartu.
I. Bidang Komunikasi Jaringan Global
(Internet)
Dengan adanya komunikasi jaringan global pada komputer yang
biasa disebut dengan internet (inter networking) saat ini, rasanya manusia yang
menggunakan internet seolah bisa “menggengam dunia”. Segala sesuatu yang
dibutuhkan tersedia pada internet baik yang gratis maupun membayar. Dengan
internet manusia bisa melakukan komunikasi data teks, gambar, video, suara,
bahkan komunikasi audiovisual secara langsung.
Pengguna internet bisa mencari informasi apa saja yang
dibutuhkan misalnya ; informasi berita, sekolah, buku dan perpustakaan, kencan
dan perjodohan, belanja atau pembayaran on-line, chatting,
memutar radio, video, musik, bermain games,saling menukar informasi dan data (mail),
konsultasi dan Tanya jawab, pooling, periklanan, dan bahkan merusak
komputer orang lain dari jarak jauh, pesan kamar hotel, tiket pesawat, dan
sebagainya.
BAB
III
PENUTUP
Kita dapat memanfaatkan komputer
dengan beragam cara mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit
foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun
untuk mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem ilmiah,
bisinis, mengendalikan mesin industri, bahkan mengendalikan pesawat ruang
angkasa.
Tujuan penggunaan komputer adalah
agar setiap data yang diolah dapat dihasilkan informasi yang cepat, akurat,
informatif dan efisien. Mudah-mudahan makalah ini bermanfaat untuk kita semua.
No comments:
Post a Comment