Monday 9 July 2018

Permasalahan Otonomi Daerah

  Unknown       Monday 9 July 2018

MAKALAH PKN
PERMASALAHAN OTONOMI DAERAH

A.  Permasalahan mendasar dalam pelaksanaan otonomi daerah

Dalam melaksakan otonomi daerah terdapat permasalahan yang mendasar yang harus di hadapi.Disamping itu,kita pun perlu mengatasi masalah-masalah tersebut.
Permasalahan yang mendasar yang di hadapi dalam pelaksanaan otonomi daerah,yaitu:

1.  Terhambatnya proses desentralisasi  
                      Desentralisasi adalah penyerahan wewenang pemerintah daerah kepada daerah.Terhambatnya hal ini memicu proses penyerahan wewenang-wewenang tidak stabil.Jadi otonomi yang ada di daerah pun kurang berjalan dengan baik dan masyarakatnya pun akan tetap bergantung terhadap wewenang-wewenang yang di berikan oleh pemerintah daerah itu sendiri.

2.  Kuatnya kebijakan sentralisasi  
                    Sentralisasi adalah penyatuan segala sesuatu ke sesuatu tempat yang di anggap sebagai pusat penyentralan pola sentralisasi ini di atur oleh pemerintah.Kebijakan sentralisasi di atur oleh pemerintah pusat.Jadi,pemerintah daerah tinggal mengakui kemauan pemerintah pusat.Akibatnya pemerintah daerah bergantung kepada pemerintah pusat.Dengan di berikannya otonomi daerah pemeritah bias meningkatkan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat.

3.  Adanya kesenjangan antara daerah dan pusat                               
                   Kesenjangan ini mengakibatkan pelaksanaan otonomi daerah kurang baik.Sehingga pelaksanaannya terhambat tetapi kesenjangan ini bias teratasi dan masyarakatnya pun berpartisipasi dalam pelaksanaan otonomi daerah mungkin pelaksanaan otonomi daerah akan lebih baik.

4.  Pihak yang menghambat penyelenggaraan otonomi daerah
                   Terdapat beberapa penyelenggara atau yang menjadikan  pelaksanaan otonomi daerah menghambat pelaksanaannya.Akan tetapi jika dalam pelaksanaan otonomi daerah lebih berhati-hati dan lebih aktif mungkin masalah ini bias di atasi atau pun tidak akan terjadi ?........
                    Permasalahan-permasalahan tersebut belum menjamin akan berjalan lancarnya pelaksanaan otonomi daerah dan masih ada pemasalahan mendasar lainnya.              

B.  Permasalahan mendasar dalam lingkungan sekitar yang berknaan                                                                                                                                       dengan  otonomi daerah.

                  Terdapat permasalahan mendasar yang terjadi dalam lingkungan sekitar kita :

1.     Tingginya kemiskinan dan pengangguran
2.     Putus sekolah atau yang belum tamat belajar wajar diknas
3.     Urbanisasi
4.     Lingkungan kumuh,limbah industri
5.     Adanya perebutan kekuasaan
6.     Gempa,gunung gundul,banjir,bencana alam

                  Masalah-masalah mendasar tersbut dapat di atasi jika pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat memahami apa yang sedang terjadi (berpartisipasi).Begitu pula masyarakatnya,masyarakat dapat membantudengan cara otonomi daerah.

C.  Salah satu langkah aktif menyelesaikan masalah pelaksanaan     otonomi  daerah

1.     UU No.32 Tahun 2004 di jadikan acuan pelaksanaan otonomi daerah
2.     Pemda dan DPRD melaksanakan asas desentralisasi
3.     Lebih mengutamakan kepentingan pelaksanaan otonomi daerah
4.     Kendala yang di hadapi,personel,pembiayaan peralatan organisasi partisipasi masyarakat.
                     
                      Dengan demikian,pelaksanaan otonomi daerah akan lebih baik dan lebih teratasi masalahnya.Jika, langkah-langkah ini di laksanakan dengan baik oleh pemerintah daerah yakni DPRD dan di Bantu oleh badan yang bersangkutan juga partisipasi masyarakat.Masalah pelaksanaan otonomi daerah dapat cepat teratasi.













KESIMPULAN

         Dari penjelasan-penjelasan tersebut kita dapat mengambil sedikt kesimpulannya yakni:
         Terdapat beberapa masalah mendasar yang bersangkutan dengan pelaksanaan otonomi daerah di suatu daearah. Hal ini menyebabkan pelaksanaan otonomi daerah terhambat.
Di samping itu,pelaksanaan otonomi daerah pun tidak di utamakan lebih baik lagi begitu pula masyarakat yang kurang aktif dalam pelaksanaannya. Jika,masyarakat lebih aktif dalam melaksanakan otonomi daerah atau menyelesaikan masalah pelaksanaan otonomi daerah. Mungkin setidaknya pelaksanaan otonomi daerah tidak sering terjadi di lingkungan sekitar kita.
Agar dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut perlu pengambil langkah-langkahnya supaya sedikitnya masalah otonomi daerah dapat teratasi, sehingga pelaksanaannyapun dapat berjalan dengan baik.



logoblog

Thanks for reading Permasalahan Otonomi Daerah

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment