Thursday 12 July 2018

Peranan kepala sekolah dan upaya meningkatkan mutu pendidikan

  Unknown       Thursday 12 July 2018


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Illahi Robbi, Karen berkat karunia dan inayahnyalah penulis dalm kesempatan ini dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul Peranan Kepala Sekolah  Dan Upaya Meningkatkan  Kualitas Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri Neglasari I Melalui Stsdar Pengelolaan Sekolah ”. Penulisan makalah ini adalah untuk melengkapi persyaratan Penilaian Sasaran Kinerja Pegawai Negeri Sipil di lingkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut.
Penulis menyadari makalah ini masih banyak kekurangan, jauh dari sempurna seperti apa yang diharapkan. Karena kurangnya ilmu dan pengalaman yang penulis miliki, penulis mengharapkan saran dan arahan dari teman-teman ataupun dari para pembina, sehingga dalam penyusunan berikutnya bisa lebih baik lagi, memiliki kandungan isi dan makna yang diharapkan. Atas segala petunjuknya penulis mengucapkan banyak terima kasih semoga Allah SWT memberikan taufik dan hidayahnya kepada kita semua. Amiin !
Akhirnya penulis mohon maaf atas segala kekurangannya dan penulis berharap agar makalah ini bermanfaat dan menjadi setitik sumbangan buah pikiran bagi guru dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di sekolah dasar khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya.


Kadungora ,  Mei  2016

        Penulis      



DAFTAR   ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………...     i
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………..      ii
BAB  I                        PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang …………………………………………………….       1
B.      Identifikasi Masalah …….…………………………………………       2
C.      Sistematika Penulisan ……………………………………………..        5

BAB  II           RENCANA STRATEGIS
A.      Analis SWOT ……………………………………………………..        5
B.      VISI ……………………………………………………………….       5
C.      Misi …………………………………………………………….....        6
D.      Strategi ………………………………………………………….....       6

BAB  III         PROFIL SDN TALAGASARI  III
A.      Pencapaian Kinerja Sekolah Tahun Pelajaran 2008 – 2009
1.                Pencapaian Rata – rata Penilaian Hasil Belajar ………………..  9
2.                Pencapaian Rata – rata nilai Ujian Sekolah ……………………     14
3.                Pencapaian Uji Pengendalian Mutu …………………………..      14
4.                Pencapaian Target Kurikulum dan Taraf Serap ……………….     14
5.                Keadaan Angka Mengulang Kelas, Putus Sekolah dan
     Melanjutkan …………………………………………………...     15
6.  Prestasi yang Diraih pada Lomba Kejuaraan ………………….     15

                       
B.   Permasalahan
                               1.  Bidang Tata Usaha Sekolah ……………………………………    16
      2.  Bidang Kesiswaan ……………………………………………..     17
      3.  Bidang Kepegawaian …………………………………………..     17
      4.  Bidang Pembelajaran / Kurikulum……………………………..     17
      5.  Bidang Sarana Prasarana ………………………………………     17
      6.  Bidang Keuangan ………………………………………………    17
      7.  Bidang Hubungan Sekolah dengan Masyarakat ………………     18
      8.  Bidang LingkunganSekolah …………………………………....    18
BAB  IV         RENCANA KERJA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
                        A.   Tata Usaha Sekolah ……………………………………………….     19
                        B.   Kesiswaan …………………………………………………………     20
                        C.   Kepegawaian ………………………………………………………     22
                        D.   Pembelajaran dan Kurikulum ……………………………………..     23
                        E.   Sarana dan Prasarana ………………………………………………    25
                        F.   Keuangan …………………………………………………………..     26
                        G.   Hubungan Sekolah dan Masyarakat ………………………………     26
                        H.   Lingkungan Sekolah ………………………………………………     27
BAB   V          KESIMPULAN
                        A.   Kesimpulan ……………………………………………………….      29
                        B.   Rekomendasi ……………………………………………………...      30

DAFTAR PUSTAKA                      ………………………………………………….


BAB  I
PENDAHULUAN

A.                  Latar Belakang Masalah

Tujuan pembangunan nasional adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, bahagia dan sejahtera lahir bathin berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.  Salah satu penunjang untuk keberhasilan pembangunan tersebut adalah melalui pembangunan di bidang pendidikan, karena pendidikan mempunyai andil yang sangat besar dan peranan yang sangat penting  dalam kehidupan manusia demi kelangsungan dan kelancaran pembangunan nasional.
Pendidikan merupakan sarana yang paling strategis bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Mengingat guru adalah unsur ketenagaan yang sangat berperan dalam proses pendidikan, sebagai penggerak dan innovator dalam meningkatkan perkembangan dunia pendidikan, maka kemampuan dan kualitas gurupun harus ditingkatkan terus menerus sesuai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih.
Pembangunan sumberdaya manusia bukanlah hanya dilakukan melalui pendidikan formal saja, sehingga merupakan suatu wahana yang dilakukan secara sistematis, pragmatis dan berjenjang, tetapi pendidikan non formal dilingkungan keluarga juga mempunyai peran yang sangat penting.
Dalam konteks pendidikan formal, pendidikan akan semakin dituntut peranannya untuk dapat menghasilkan manusia Indonesia yang berkualitas sesuai dengan amanat GBHN yaitu bahwa pendidikan membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, disiplin, memiliki etos kerja professional, bertanggung jawab dan
                                                 



1
produktif, serta sehat jasmani dan rohani, berjiwa patriotic, memiliki semangat kebangsaan, kesetiakawanan social, kesadaran pada sejarah bangsa, menghargai jasa pahlawan dan berorientasi ke masa depan
Cirri – cirri manusia Indonesia yang berkualitas sebagaimana tersebut di atas sangat ideal dan kita semua mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkannya sesuai fungsi dan kapasitas kita masing – masing.



B.   Identifikasi Masalah
                        Faktor kesulitan belajar yang dialami siswa merupakan permasalahan yang timbul di sekolah dasar. Kegiatan pengajaran di sekolah akan berlangsung efektif , lancar dan berhasil dengan baik apabila semua komponen yang terlibat dapat berperan secara baik. Komponen yang dimaksud adalah : siswa, guru, kurikulum, dan proses belajar mengajar;
      1.    Siswa yang belajar
             Siswa sebagai individu yang sedang berkembang memiliki kemampuan individual  dan sangat mempengaruhi pencapaian hasil belajar, baik siswa yang berbakat ataupun siswa yang kurang berbakat dalam mencapei prestasi yang diinginkan. Jadi keadaan diri individual masing – masing siswa harus betul – betul diperhatikan oleh guru agar kegiatan belajar siswa berhasil dengan baik.
2.   Guru yang mengajar
      Agar kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung dengan baik dan mencapai tujuan secara optimal, maka guru harus menguasai hahan ajar dengan baik, menggunakan teknik mengajar dan teknik evaluasi yang baik, memahami prinsip – prinsip belajar, serta mampu memberikan bimbingan belajar kepada siswa yang memerlukan.
3    Kurikulum yang dipergunakan
      Kurikulum adalah seperangkat rencana dan peraturan mengenai tujuan isi dan bahan


2
     pelajaransrta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum merupakan sumber kegiatan belajar yang disusun berdasarkan kebutuhan siswa dan prinsip – prinsip belajar, yang terdiri atas sejumlah bahan pelajaran yang disusun secara logis dan terdiri dari pengalaman belajar yang direncanakan untuk membawa perubahan perilaku siswa.
4.   Proses Belajar Mengajar
      Proses belajar mengejar merupakan suatu kegiatan untuk memberi pengalaman kepada siswa, agar setelah selesai kegiatan belajar mengajar siswa akan berubah dalam arti bertambah pengetahuan , kecakapan, keaterampilan, kemampuan dan sikapnya, bermoral dan berbudi pekerti yang luhur sesuai dengan norma – norma yang berlaku. Proses belajar mengajar dipengaruhi oleh bveberapa faktor baik internal maupun eksternal.

4.1    Faktor internal atau factor yang ada dalam diri siswa meliputi dua aspek yaitu :
        4.1.1    Aspek Fisik
                    a.   Kondisi badan yang kurang sehat, sering sakit, pusing, kurang darah, kurang        
                          gizi, badan lemah, amandelan dan sebagainya.
 b.   Keadaan fisik yang berkelainan misalnya ; kurang pendengaran, kurang penglihatan, gagap bicara, cacat tubuh dan sebagainya.
        4.1.2    Aspek Psikis
                   a.   Kurang minat belajar pada anak, enggan dan malas, kurang memperhatikan,                          tidak mau bicara, gampang putus asa          
                   b.  Kurang konsentrasi maksudnya anak tidak mampu memusatkan perhatian pada                              bahan ajar yang sedang dipelajari, tidak tahan lama dalam belajar yang akibatnya  
                        anak didak dapat menyerap materi pelajaran dengan baik.   
                  c.  Tingkat intelegensi yang rendah sering mengalami kesulitan dalam belajar.



3
                  d.  Kemampuan daya berpikir kurang karena daya ingatnya lemah.
                   e.  Dorongan ingin tahu rendah karena malu untuk bertanya.
                  f.  Kepribadian tidak seimbang karena banyak problem yang dihadapi , pikiran kacau,             
                        stress.
g.                                         Kurang percaya diri.
                   h.  Tidak memiliki disiplin tinggi. 

4.2         Faktor Eksternal atau Faktor dari luar diri siswa
4.2.1   Lingkungan Keluarga
a.       Keluarga kurang memperhatikan kegiatan anak / acuh tak acuh, kurang peduli terhadap kesulitan anak.
b.                                         Tidak memberikan fasilitas yang diperlukan anak dalam belajar
c.                                         Keadaan social ekonomi kurang memadai.
Pandangan keluarga terhadap pendidikan keliru / ikut pendidikan itu beranggapan agar bisa menjadi Pegawai Negeri, banyak pengangguran.
d.      Waktu anak banyak tersita untuk bekerja, membentu mencukupi kebutuhan keluarga.
e.       Situasi dalam keluarga kurang harmonis.

4.2.2   Lingkungan Sekolah
a.       Kondisi sekolah sebagai pusat sumber belajar tidak memenuhi standar sarana dan prasarana, apalagi menumpang di sekolah lain.
b.      Kurikulum disusun terlalu berat
c.       Fasilitas kurang memadai misalnya; kurangnya bahan ajar, alat pelajaran, media pembelajaran, model pembelajaran dll.



4
d.      Pengelolaan administrasi kurang tertib
e.       Penggunaan metoda belajar kurang tepat.
4.2.3   Lingkungan Masyarakat  
a.       Masalah kehidupan social masyarakat masih terbelakang.
b.      Pandangan yang salah terhadap pendidikan.
c.       Kebudayaan yang belum maju serta media massa yang kurang menunjang terhadap kegiatan belajar mengajar seperti ; komik, novel, film, VCD, PS, Televisi, dll.
d.      Teman bergaul.
                   Bertitik tolak dari permasalahan – permasalahan tersebut di atas, penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut “Bagaimanakah Efektifitas Tugas Pokok dan Fungsi Guru untuk Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Yang Berkualitas ?”, sehingga factor – factor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dapat teratasi.

C.   Sistematika Penulisan
      1. Tujuan
          a.   Untuk mengetehui factor – factor yang mempengaruhi kesulitan belajar mengajar
          b.   Menata tugas pokok dan fungsi guru terhadap perbaikan prestasi belajar siswa.
          c.   Mengembangkan pengetahuan dan  teori yang penulis miliki dan mengaplikasikannya pada siswa melalui bahan ajar yang tersedia.
      2.   Manfaat
             Sebagai sumbangsih pemikiran dalam upaya memperbaiki proses pembalajaran
      3.   Metoda Penulisan
             Penyusunsn makalah ini, penulis menggunakan metode deskriptif dengan maksud untuk menggambarkan dan melukiskan peristiwa kemudian menarik kesimpulan.



5

BAB  II
RENCANA  STRATEGIS
A.   Analisis SWOT
            Sekolah Dasar Negeri Talagasari  III Kecamatan Kadungora pada tahun 2009 – 2010 telah melaksanakan berbagai program yang meliputi kesiswaan, kepegawaian, pembelajaran, sarana dan prasarana, keuangan, hubungan sekolah dengan masyarakat, lingkungan sekolah, dan tata usaha.
            Keberhasilan pelaksanaan program yang dilaksanakan tidak hanya terpusat pada satu factor, melainkan beberapa factor melalui tenaga kependidikan dan daya dukung masyarakat yang antusias terhadap keberhasilan kualitas pendidikan, sehingga output SDN Talagasari III  100% melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 
Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, swasta, dan masyarakat, namun kenyataanya masih bertumpu pada satu pihak sehingga orang tua pada umumnya tetap mempercayakan sepenuhnya kepada pihak sekolah dan keberhasilan nampaknya umum, sedangkan kelemahan dan kekurangan tetap menyudutkan pada professional tenaga kependidikan tanpa ada solusi perbaikan.
            Output dengan prestasinya merupakan idaman para pengelola pendidikan, baik guru maupun orang tua sehingga sering menjadi dilema antara sekolah pavorit dan sekolah yang umum. SDN Talagasari  III merupakan sekolah biasa pada umumnya, meskipun demikian perbaikan dan peningkatan prestasi merupakan harapan bagi semua pihak agar menghasilkan output berprestasi.
            Dalam upaya mencapai prestasi yang baik, berkualitas sering kali terjadi hambatan dalam proses, hal ini karena sarana dan prasarana yang kurang lengkap atau SDM yang belum atau kurang mampu menjabarkan dan melaksanakan program seefektif mungkin.



B.     Visi

Untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan, penulis menentukan Visi sebagai berikut : 

Membentuk  peserta didik yang bermartabat, iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. hingga dapat mewujudkan lulusan yang disiplin, aktif, kreatif, berprestasi, sehat jasmani  dan rohani, serta mandiri.

C.  Misi

Untuk visi di atas penulis mempunyai misi sebagai berikut :
1.       Memantapkan ketahanan sekolah sebagai Pusat Sumber Belajar.
2.       Meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan Strata 1
3.       Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya sekolah dan sumber daya lingkungan  
4.       Menciptakan pendidikan yang berkualitas baik secara fisik maupun mental,
5.       Standarisasi pengelolaan sekolah dan meningkatkan kualitas hasil belajar yang mengacu  pada ; SKL, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana serta Standar Pengelolaan dengan teknik mengatur Standar Pembiayaan yang ada dengan sebaik – baiknya..


D.   Strategi

Untuk mewujudkan Visi dan Misi di atas diperlukan langkah – langkah strategi pencapaian sebagai berikut;

1.      Memantapkan ketahanan sekolah sebagai Pusat Sumber Belajar
1.1    Memberdayakan sekolah sebagai pusat sumber belajar secara efektif dan efisien.
      1.2  Menyempurnakan administrasi sekolah melalui penataan administrasi pengajaran,  pembelajaran ketatausahaan, membina hubungan baik dengan masyarakat.
      1.2  Menyempurnakan administrasi sekolah melalui penataan administrasi pengajaran,  pembelajaran ketatausahaan, membina hubungan baik dengan masyarakat.
      1.3.  Memelihara terjalinnya keharmonisan hubungan baik, uhuah islamiah masyarakat        sekolah
2.      Meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan
2.1  Memberdayakan guru dalam mengembangkan potensi diri dan wawasan melalui   kegiatan Gugus ( KKG ), Diklat, Lokakarya, Seminar, Penataran, dan ijin belajar sesuai tuntutan.
2.2    Memberdayakan guru untuk menguasai informasi teknologi dan computer.
3.   Optimalisasi sumber daya sekolah dan sumber daya lingkungan.
3.1  Menjaga keseimbangan pemanfatan sumber daya sekolah dengan sumber daya    lingkungan secara berdaya guna dan berhasil guna.
3.2    Memupuk sikap moralitas masyarakat sekolah agar menghasilkan peserta didik yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memupuk sikap kebersamaan, silaturahmi,  keseragaman berbusana muslim dan kultum pada hari Jumat pagi.

4.   Menciptakan pendidikan yang berkualitas
4.1    Memperbaiki proses pembelajaran yang bermutu  baik secara fisik maupun mental.
4.2    Berupaya mencari informasi terkini yang actual mengenai bahan ajar dan proses pembelajaran, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.3    Menciptakan suasan lingkungan sekolah menjadi tempat sumber belajar yang kondusip, aman, nyaman, dan menyenangkan bagi semua kalangan.
4.4  Memberdayakan guru dalam pengelolaan sekolah, dan membina kerukunan masyarakat sekolah.


5.   Standarisasi Pengelolaan Sekolah
      5.1   Memperbaiki teknik pengelolaan sekolah yang berorientasi pada Standar Nasional Pendidikan.
5.2          Memberdayakan supervisi, kunjungan kelas, kegiatan ekstrakurikuler, administrasi keuangan, mengefektifkan kurikulum melalui pemberdayaan pengajaran, teknik pelaksanaan pembelajaran yang berkesinambungan.
5.3     Mengembangkan system belajar yang efektif, aktif, kreatif, dan menyenangkan sehingga dapat membentuk lulusan yang berkualitas dan mandiri
5.4     Mengembangkan professional pengelola sekolah melalui penelitian ilmiah.
            5.5     Mengembangkan system belajar terpadu, kelas unggulan, ekstrakurikuler, dan 
                      bimbingan lanjutan
      5.6    Berupaya terus meningkatkan kualitas hasil belajar   sesuai dengan; SKL, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana serta Standar Pengelolaan dengan teknik mengatur Standar Pembiayaan yang ada.
              

















9
BAB III
PROFIL SEKOLAH DASAR NEGERI TALAGASARI  III
A.   Pencapaian Kinerja
1.   Pencapaian rata – rata  Penilaian Hasil Belajar
                  Prestasi belajar siswa diukur dengan rata – rata nilai hasil belajar yang dicantumkan pada buku raport setiap akhir semester.  Nilai hasil belajar tersebut merupakan gabungan nilai dari ulangan harian dan ulangan umum akhir semester.
                  Nilai tersebut merupakan indicator keberhasilan proses belajar mengajar pada satu semester dan merupakan informasi bagi orang tua siswa, juga sebagai unpan balik bagi guru dalam melakukan perbaikan pada KBM selanjutnya.
                  Pada semester I dan II tahun pelajaran 2009 – 2010 pencapaian rata–rata nilai hasil belajar setiap kelas dari setiap mata pelajaran dapat dilihat pada tabel 1 sampai dengan 4 ;

Tabel  1
Pencapaian Rata-rata Nilai Hasil Belajar Semester I Kelas I , II dan Kelas III
Pada SDN Talagasari III Kecamatan Kadungora
Tahun Pelajaran  2009-2010

No

Mata Pelajaran
Kelas
I
II
III
1
Pendidikan Agama
8,20
8.20
7.46
2
Pendidikan Kewarganegaraan
6,72
6.72
6.90
3
Bahasa Indonesia
7,47
7,47
7.00
4
Matematika
8,00
8,00
6.82
5
Ilmu Pengetahuan Alam
6,75
6.75

6
Ilmu Pengetahuan Sosial
-
-

7
Kerajinan dan Kesenian



8
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan



9
Muatan Lokal














10

No

Mata Pelajaran
Kelas
I
IV

6


Kerajinan Tangan dan Kesenian
Seni Rupa
Seni Musik
Seni Tari
Kerajinan
6,70
6,80
6,50
6,40
6,40
-
7,00
7,00


7

Penjaskes
Permainan dan Olah Raga
Pengembangan
Senam
Pilihan
7,20
7,70
7,15
7,00
7,00
6,90

7,40
8
Muatan LOkal


a.   Bahasa Sunda

7,75
6,50

b.   Bahasa Inggris
6,65
7,00

c.   Karawitan
-
6,70

  d.   Pencak Silat
-
-



Tabel 2

Pencapaian Rata-rata Nilai Hasil Belajar Semester I Kelas II, III, V, dan VI
Pada SDN Talagasari  III Kecamatan Kadungora
Tahun Ajaran 2009-2010


No

Mata Pelajaran
Kelas
II
IV
V
VI
1
Pendidikan Agama
7,40
6,87
8,10
7,70
2
PPKN
7,40
6,90
7,90
7,56
3
Bahasa Indonesia
7,35
6,90
7,40
7,37
4
Matematika
6,90
6,90
7,40
7,37
5
Ilmu Pengetahuan Alam ( Sain’s )
-
6,90
7,30
6,70
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
-
6,80
7,20
7,06
7
Kerajinan Tangan dan Kesenian
7,10
6,40
7,40
7,44
8
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
7,10
6,38
7,67
7,70
9
Muatan Lokal


a.   Bahasa Sunda
7,00
7,00
7,50
7,00

b.   Bahasa Inggris
-
-
7,18
7,70

c.   Karawitan
-
-
7,19
7,48

d.   Pencak Silat












11


Tabel  3

Pencapaian Rata-rata Nilai Hasil Belajar Semester  II  Kelas  I dan  IV
Pada SDN Talagasari  III Kecamatan Kadungora
Tahun Pelajaran 2009-2010


No

Mata Pelajaran
Kelas
I
IV
1

Pendidikan Agama
Teori
  8,40
7,45
Praktek
8,00
7,47

2

Pendidikan Kewarganegaraan
Penguasaan Konsep
8,00
6,70
Keterampilan Sosial
6,80
7,00
Sikap Sosial
6,70
6,90


3


Bahasa Indonesia
Membaca
7,63
7,47
Menulis
7,65
7,00
Berbicara
6,90
7,00
Mendengarkan
7,50
7,87
Apresiasi Sastra
7,70
6,90

4

Matematika
Berhitung / bilangan
8,00
6,75
Geometri dan Pengukuran
8,00
6,90
Pengelolaan
-
-


5


Ilmu Pengetahuan Alam
Penguasaan Konsep
8,10

Keterampilan
6,90

Pengetahuan
6,91

Sikap Ilmiah
6,90


6


Kerajinan Tangan dan Kesenian
Seni Rupa
6,70
6,80
Seni Musik
6,50
6,40
Seni Tari
6,40
-
Kerajinan
7,00
7,00


7

Penjaskes
Permainan dan Olah Raga
7,20
7,70
Pengembangan
7,15
7,00
Senam
7,00
6,90
Pilihan

7,40
8
Muatan LOkal


a.   Bahasa Sunda

7,75
6,50

b.   Bahasa Inggris

6,65
7,00

c.   Karawitan

-
6,70

  d.   Pencak Silat

-
-







12

Tabel  4
Pencapaian Rata-rata Nilai Hasil Belajar Semester I Kelas II, III, V, dan VI
Pada SDN Talagasari  III Kecamatan Kadungora
Tahun Ajaran 2009-2010

No

Mata Pelajaran
Kelas
II
III
V
VI
1
Pendidikan Agama
7,40
6,87
8,10
7,70
2
PPKN
7,40
6,90
7,90
7,56
3
Bahasa Indonesia
7,35
6,90
7,40
7,37
4
Matematika
6,90
6,90
7,40
7,37
5
Ilmu Pengetahuan Alam ( Sain’s )
-
6,90
7,30,
6,70
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
-
6,80
7,20
7,06
7
Kerajinan Tangan dan Kesenian
7,10
6,40
7,40
7,44
8
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
7,10
6,38
7,67
7,70
9
Muatan Lokal


a.   Bahasa Sunda
7,00
7,00
7,50
7,00

b.   Bahasa Inggris
-
-
7,18
7,70

c.   Karawitan
-
-
7,19
7,48

d.   Pencak Silat





Jika kita bandingkan keberhasilan pembelajaran pada semester I dengan Semester II dapat terlihat kenaikan atau penurunannya sebagaimana tercantum pada table 5 dan 6 di bawah ini ;

Tabel  5
Peningkatan / penurunan Pencapaian Rata-rata Nilai Hasil Belajar
Kelas  I  dan  IV  Pada SDN Talagasari  III Kecamatan Kadungora
Tahun Pelajaran 2009-2010

No

Mata Pelajaran
Kelas
I
IV
Naik
Turun
Naik
Turun
1






2






3






4






5






6






7






8



































13
Tabel 6
Peningkatan  / Penurunan Pencapaian Rata – rata Nilai Hasil Belajar
Kelas I, II, III, IV, V, dan VI Pada SDN Talagasari III
Kecamatan Kadungora Tahun Ajaran 2009 – 2010



NO


Mata Pelajaran
Kelas
I
II
III
IV
V
VI

Naik

Turun

Naik

Turun

Naik

Turun


Naik

Turun

Naik

Turun

Naik

Turun
1
Pendidikan Agama
 2,08
-
2,01
-
1,89
-
0
-
1,29
-
1,21
-
2
 PKN
1,87
-
1,50
-
1,45
-
1,88
-
1,23
-
0,32
-
3
Bahasa Indonesia
1,54
-
1,88
-
1,45
-
1,43
-
1,35
-
1,22
-
4
Matematika
1,25
-
  1,02
-
1,45
-
1,42
-
1,28
-
0,21
-
5
Ilmu Pengetahuan Alam
1,30
-
  1,42
-
1,79
-
0
-
1,44
-
0,59
-
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
-
-
-
-
1,94
-
1,32
-
0
-
0,77
-
6
Kerajinan Tangan/Kesenian

2.19
-

 1,47
-

1,54
-

1,56
-

1,68
-

1,58
-
7
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
2,04
-
  1,29
-
1,68
-
1,44
-
1,57
-
1,77
-
8
Muatan Lokal


a. Bahasa Sunda
1,30
-
  1,54
-
0
-
1,54
-
1,69
-
1,56
-

b. Bahasa Inggris
-
-
-
-
-
-
1,42
-
1,77
-
1,88
-

c. Karawitan
-
-
-
-
-
-
1,49
-
1,91
-
1,23
-















Pencapaian Rata – rata Nilai Ujian Sekolah ( US )
Untuk mengukur keberhasilan pendidikan jenjang SD telah dilaksanakan Ujian Sekolah pada tanggal                  Juni 2010. Hasil ujian Sekolah di SDN Talagasari III tahun pelajaran 2009 – 2010 sebagaimana tercantum pada table di bawah ini :

NO


Mata pelajaran

Rata – rata Nilai  UASBN dan UAS
Tertulis
Praktek
1
Pendidikan Agama Islam
7,46
8,00
2
PKN
7,60

3
Bahasa Indonesia
6,90
7,90
4
Matematika
6,73

5
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
7,01
7,11
6
Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
7,46

7
Kerajinan tangan dan Kesenian

7,48
8
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

7,75
9
Muatan LOkal :



a.   Bahasa Sunda
6,76
7,76

b.   Bahasa Inggris
7,45
7,52

c.   Karawitan

7,50




14
3.        Pencapaian Uji Pengendali Mutu ( UPM )

Untuk memperoleh standar kualitas hasil belajar siswa kelas IV selain menggunakan stadar ujian sekolah, juga dilaksanakan Ujian Pengendalian Mutu (UPM). Selain sebagai standar pengukuran keberhasilan PBM di kelas VI UPM juga sebagai standar untuk masuk jenjang pendidikan lanjutan ke SMP Negeri. Hal ini perlu dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas mutu hasil belajar siswa kelas VI dengan prosentase yang lebih tinggi masuk ke SMP Negeri.

4.    Pencapaian Target Kurikulum dan Tarap Serap
                Pelaksanaan pembelajaran siswa di sekolah mengacu pada Kurikulum sekolah sebagai landasan pokok pelaksanaan pendidikan si sekolah. Sebagai tolok ukur keberhasilan pelaksanaan pembelajaran salah satunya dengan menhukur tingkat pencapaian target kurikulum, yang lengkapi dengan tarap serap kurikulum di setiap kelas pada masing – masing mata pelajaran. Rata – rata pencapaian target Kurikulum mencapai 100 % dan rata-rata pencapaian tarap serap mencapai 78 %

5.    Keadaan Angka Mengulang Kelas, Putus Sekolah dan Melanjutkan Sekolah
       Tahun Pelajaran 2009 - 2010   
               
                Kenerhasilan pelaksanaan pendidika di SD / MI selain diukur dengan dimensi kualitas juga diukur dengan kuantitas yang meliputi angka mengulang kelas, putus sekolah (drop out) dan angka melanjutkan ke jenjang sekolah lanjutan.
                Pada Sekolah Dasar Negeri Talagasari III ini indicator – indicator tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :

a.    Siswa yang mengulang  ( tidak naik kelas ) sebanyak               orang  (     % )
b.    Siswa yang putus sekolah ( drop out ) sebanyak                orang  (     0% ). Mengapa terjadi  demikian ?  Karena pihak sekolah bekerja sama dengan komite sekolah terus berusaha dengan  berbagai cara terutama dengan melakukan home visite untuk menyukseskan Wajar Dikdas    12 tahun, sehingga kesempatan untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran bagi masyarakat dapat dirasakan oeleh semua warga masyarakat.
c.    Siswa yang melanjutkan ke SMP, MTs, dan Paket B setara SMP sebanyak 24 orang ( 100 % )
      Keadaan ini diperoleh dari angka melanjutkan he SMP sebanyak 22 orang ( 88 % ), MTs sebanyak 2 orang ( 12 % ), SMP terbuka  tidak ada ( 0 % ), dan Kopontren  ( 0 %.).


15
6.    Prestasi yang Diraih pada Lomba atau Kejuaraan      
               Sekolah Dasar Negeri Talagasari III, pada tahun pelajaran 2007 – 2008 ada prestasi yang diraih meskipun hanya tingkat gugus, yaitu  :
a.       Tahun 2007 – 2008 Lomba Mata Pelajaran Matematika Kelas V Juara ke I tingkat Gugus atas nama Aji Lasmana.




B.    Permasalahan
                Permasalahan utama dalam pengelolaan pendidikan di SDN Talagasari III UPTD Pendidikan Kecamatan Kadungora yang harus mendapat perhatian yng sungguh – sungguh diantaranya :
1.    Bidang Tata Usaha Sekolah
      Permasalahan yang berkaitan dengan tata usaha sekolah yang benar – benar dirasakan adalah masih rendahnya kualitas, maupun kuantitas pengelolaan tata usaha kantor. Hal ini disebabkan karena masih kurang lenkapnya sarana dan prasarana kelas dan belum optimalnya pengelolaan tata usaha sekolah.

2.    Bidang Kesiswaan
Kesiswaan dapat menjadi masalah dalam pengelolaan pendidikan karena masih kurang disiplin, kreativitas masih rendah sehingga prestasi yang dicapaipun sulit untuk menempuhnya.
Selain itu juga tingkat kesadaran masyarakat terhadap disiplin yang berkaitan dengan siswa masih rendah, karena derajat social kehidupan masyarakat di lingkungan SDN Talagasari III masih belum sejahtera.

3.    Bidang Kepegawaian
Permasalahan bidang kepegawaian adalah masih rendahnya kompetensi guru, terutama yang berkaitandengan pemahaman dan keterampilan mengembangkan penjabaran kurikulum KTSP kedalam silabus, yang dituangkan dalam program pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan strategi pembelajaran yang sudah disiapkan. Tak bisa dipungkiri bahwa pemahaman guru tentang apa, bagaimana strategi pembelajaran yang inovatif, seperti PAKIEM, Aktif Learning, Creative Learning dan lain – lain masih dirasakan kurang.

16
Dan selain kompetensi guru, secara kuantitas juga sangat dirasakan masih adanya kekurangan tenaga professional guru sebanyak 2 orang.

4.    Bidang Pembelajaran / Kurikulum
            Dalam hal ini permasalahan bidang pembelajaran / kurikulum yaitu belum egektifnya memberikan pelayanan yang maksimal terhadap peserta didik yang memiliki kemampuan sangat lambat. Permasalahan utama adalah belum ada guru yang mampu memberikan pelayanan khusus secara telaten dalam perbaikan atau pengayaan hasil pembelajaran. Selain kegiatan pokok dalam KBM, kegiatan ekstrakurikuler pun perlu dilaksanakan dengan baik, karena dalam perkembangannya siswa sangat membutuhkan kegiatan ekstrakurikuler, apalagi yang sesuai dengan perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi.

5.    Bidang Saraana dan Prasarana
            Sarana dan prasarana sekolah merupakan hal penting

logoblog

Thanks for reading Peranan kepala sekolah dan upaya meningkatkan mutu pendidikan

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment