KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya kepada kami sehingga kami
dapat menyelesaikan karya tulis kami yang berjudul “COREL DRAW “ sebagai
tugas TIK.
Kami
menyadari bahwa keberhasilan kami tidak lepas dari bantuan berbagi pihak yang
telah memberikan dukungan dan semangat. Kami menyadari bahwa dalam penulisan
karya tulis ini masih banyak terdapat kekurangan.
Oleh
karena itu kritik dan saran yang membangun senantiasa kami nantikan, agar karya
berikutnya lebih baik. Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Kadungora, Pebruari 2015
Penulis
DAFTAR
ISI
LEMBAR
PENGESAHAN .................................................................................... i
KATA PENGANTAR ........................................................................................... ii
DAFTAR ISI ...................................................................................................... iii
BAB
I PENDAHULUAN .............................................................................. 1
A. Latar
belakang ................................................................................ 1
B. Tujuan
Penulisan ............................................................................ 1
C. Manfaat
Penulisan .......................................................................... 1
BAB
II PEMBAHASAN ................................................................................. 2
A. Pengertian
dan Sejarah CorelDraw ............................................... 2
B. Mengenal
Area Kerja CorelDraw................................................... 3
C. Operasi Dasar Coreldraw................................................................ 4
BAB
III PENUTUP ........................................................................................... 8
A. Kesimpulan
.................................................................................... 8
B. Saran
.............................................................................................. 8
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 9
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pada era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan
teknologi berkembang sangat pesat dan membantu manusia berinteraksi satu
sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh
teknologi mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga
pendidikan. Teknologi sangat berperan penting dalam membantu setiap kebutuhan
manusia salah satunya yaitu komputer.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang telah dirumuskan. Membantu setiap pekerjaan manusia,
menjadi tempat ketergantungan hampir semua manusia didunia. Komputer mempunyai
beberapa perangkat yaitu perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau
software dan brainware.
Nama lain software adalah perangkat lunak. Seperti
nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware
atau perangkat keras, perangkat keras adalah nyata yang dapat dilihat dan
disentuh oleh manusia, sedangkan software tidak dapat dilihat dan disentuh
secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud
benda tapi bisa dioperasikan.Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang
berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik
yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini
dapat berupa program atau instruksi yang dijalankan oleh perintah, maupun
catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk mejalankan perintah yang
dijalankannya inilah fungsi dari perangkat lunak atau software. Diperangkat ini
terdapat program aplikasi grafis berbasis vektor yaitu CorelDraw.
Software CorelDRAW digunakan rata-rata untuk
membuat garis-garis vector, contohnya logo. Dengan kelengkapan tools dari software
ini, juga controlnya pun lebih nyaman, mendesain logo vector menjadi lebih
mudah. Begitu pesat berkembangnya teknologi komputer, yang terutama pada
perangkat lunak, mau tidak mau kita juga harus mengikuti perkembangannya.
A. Tujuan
penulisan
1.
Supaya pembaca mengerti apa itu perangkat lunak.
2.
Agar pembaca dapat mengetahui tentang operasi
coreldraw.
B. Manfaat
Penulisan
1.
Agar kita lebih mengetahui tentang Desain Grafis.
2.
Memahami lebih lanjut tentang CorelDraw.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian dan Sejarah CorelDraw
Corel Draw merupakan suatu program
aplikasi grafis berbasis vektor yang memungkinkan seseorang membuat sebuah
karya seni profesional, mulai dari yang simpel seperti logo sederhana hingga
ilustrasi teknis yang rumit atau kompleks dengan pemrosesan visual.
CorelDraw sejak awal dikembangkan
untuk Windows dan saat ini dapat berjalan pada Windows 2000 dan versi
selanjutnya. Versi untuk Mac OS dan Mac OS X ada awalnya juga tersedia, namun
dihentikan karena minimnya penjualan. Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi
5.0. Versi terakhir ntuk Linux terakhir dibuat tahun 2000. Corel pada Linux
tidak berjalan langsung di atas platform, namun harus menggunakan Wine, semacam
crossover seperti yang digunakan untuk meng-install Photoshop pada Linux.
Pada 1985, Dr. Michael Cowpland
mendirikan Corel untuk menjual sistem desktop-publishing berbasis Intel. Pada
1987, Corel merekrut beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun
sebuah software grafis berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket
desktop-publishing Corel. Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw,
pertama kali diluncurkan ada 1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan
pada akhirnya corel hanya focus pada pengambangan software. CorelDraw dibuat
utk Windows bersamaan dengan diluncurkanya Windows 3.1. dengan dimasukkannya
TrueType ke dalam Windows 3.1 menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang
mampu menggunakan fonts yang ada tanpa membutuhkan software tambahan seperti
Adobe TypeWriter. Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada
CorelDraw : Note-edit tool, stroke before fill, mesh fill dan sebagainya.
CorelDraw memiliki perbedaan
mencolok dibandingkan kompetitornya. Yang pertama bahwa CorelDraw adalah suatu
paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vektor.
Peralatan – peralatan yang ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras,
keseimbangn warna bahkanmengubah dari mode RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK
(Cyan Magenta Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan Corel
PhotoPaint. Pesaing utama CorelDraw adalah Adobe Illustrator dan Xara Extreme.
Meskipun mereka semua juga program editor gambar berbasis vector, namun
pengalaman pengunanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok.
B. Mengenal Area Kerja CorelDraw
CorelDraw menyediakan tool dan efek
yang membuat kita dapat bekerja efisien untuk menghasilkan sebuah gambar
berkualitas tinggi. Dari beberapa versi perkembangan CorelDraw, yang saat ini
cukup baik untuk kita gunakan adalah CorelDraw versi X3(13). Versi yang paling tinggi
membutuhkan performa komputer (spesifikasi prosesor ,RAM, dan memori grafis )
yang tinggi pula. Untuk penggunaan standar ( Latihan untuk membuat karya grafis
sederhana ), versi yang lebih lama (versi 10, 11, atau 12) pun sebenarnya cukup
baik untuk digunakan.
a.
Mengaktifkan CorelDraw
1.
Klik tombol start
2.
Klik All Start
3.
Pilih CorelDraw Graphics suite X3
4.
Klik CorelDraw X3,akan tampil gambar corelDraw
b.
Lembar kerja CorelDraw
1.
Title bar (A)
Title bar berisi informasi tentang aplikasi yang sedang aktif dan file yang
dikerjakan. Apabila file itu belum pernah disimpan, maka secara otomatis akan
diberi nama Graphic1.cdr, Graphic2.cdr dan seterusnya.
2.
Menu bar (B)
Menu bar berisi perintah mengenai file yang akan atau sedang dikerjakan.
Perintah yang dapat dipilih adalah yang berwarna jelas, sedangkan yang berwarna
buram (tidak aktif) menunjukkan bahwa perintah tersebut tidak sesuai dengan
objek yang sedang dikerjakan. Yang ada di dalam menu bar adalah File, Edit,
View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Tools, Windows, dan Help.
3.
Standart toolbar (C)
Standar toolbar berisi perintah-perintah standar. Standar toolbar dimiliki
oleh semua aplikasi under windows, seperti membuka file baru (New),
menyimpan file (Save), mencetak (Print), copy ke clipboart (Copy), menempel
clipboard (paste), Cut, Undo untuk membatalkan beberapa perintah atau langkah
terakhir, Redo untuk mengeksekusi kembali perintah terakhir, Import, Export,
Application Launcher untuk mengeksekusi aplikasi Corel yang lain, Corel online
untu mengakses situs web Corel. Dan Zoom Level untuk mengatur ukuran tampilan
padablayar.
4.
Toolbox (D)
Toolbox adalah sekumpulan peralatan yang dapat digunakan untuk membuat dan
mengatur gambar, garis dan warna. Untuk lebih mudahnya, sorot dengan mouse maka
akan menampilkan namanya.
5.
Printable area (E)
Printable area adalah area yang bisa kita cetak dalam media kertas
6.
Color palette (F)
Palet warna berisi jenis-jenis warna yang bisa kita gunakan untuk fill
maupun outline objek sesuai dengan default warna yang kita gunakan.
C. Operasi
Dasar Coreldraw
1. Objek Garis
Pada sistem
CorelDRAW X4, objek garis dapat dibentuk melalui curve tool yang ada pada
fasilitas toolbox. Adapun subalat pada fasilitas curve tool berupa: Freehand
tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang
tidak beraturan.
a.
Bezier tool: alat ini digunakan untuk membentuk
beragam garis lurus dan garis yang tidak beraturan secara bersamaan.
b.
Artistic media tool: alat ini digunakan untuk
membentuk berbagai objek garis artistik. Dalam menentukan bentuk garis artistik
tersebut, gunakan simbol yang ada di sisi kiri fasilitas property bar, lalu
tentukan spesifikasi konfigurasinya pada sisi kanannya.
c.
Pen tool: pemakaian pen tool hampir serupa dengan
pemakaian bezier tool.
d.
Polyline tool: pemakaian polyline tool hampir sama
dengan freehand tool.
e.
Point curve tool: alat ini digunakan untuk membentuk
garis melingkar dengan mudah dan cepat.
f.
Connector tool: alat ini digunakan untuk menghubungkan
beberapa objek gambar. Misalnya, membentuk garis penghubung alur diagram.
g.
Dimension tool: alat ini digunakan untuk membentuk
garis dimensi vertikal, horizontal, diagonal, dan sebagainya. Untuk membentuk
garis dimensi horizontal/vertikal secara otomatis, gunakan simbol auto
aimension tool yang terdapat di sisi kiri fasilitas property bar ketika alat
ini aktif.
2. Objek Gambar
Di dalam
CorelDRAW, berbagai bentuk objek gambar dapat dibuat. Berikut ini merupakan
fasilitas toolbox yang berguna membentuk berbagai objek gambar:
a.
Rectangle tool: alat ini dapat digunakan untuk
membentuk objek persegi panjang atau persegi.
b.
Ellipse tool: alat ini digunakan untuk membentuk objek
lingkaran/elips.
c.
Object tool: alat ini dapat mempermudah/mempercepat
proses pembentukan objek poligon, bintang, spiral, dan tabel.
d.
Perfect shape tool: alat ini digunakan untuk membentuk
berbagai objek gambar spesifik secara mudah dan cepat. Misalnya, objek jajar
genjang, balon, simbol diagram alur, panah, dan lain sebagainya.
e.
Table tool: alat ini dapat digunakan untuk membuat
tabel dalam format persegi atau persegi panjang. Tabel ini tidak hanya dapat
dimasukkan tulisan/teks, tetapi dapat juga dimasukkan gambar ke dalamnya. Alat
ini bisa digunakan untuk membuat kartu pos, brosur, dan lain-lain.
f.
Smart Drawing: menggambar pintar adalah aplikasi baru yang
ada pada CorelDRAW X4. Smart drawing tool yang ada pada smart tool dapat
digunakan untuk membentuk objek gambar dari sketsanya.
3. Objek Teks
Objek teks
merupakan unsur yang paling sering digunakan pada rancangan grafis. Ada yang
membuatnya sebagai logo, teks artistik, bahkan mengubah objek teks menjadi
objek gambar.
Objek teks
dapat dibuat melalui text tool yang terdapat pada toolbox. Setelah itu, objek
teks dapat diproses melalui pick tools. Objek teks dapat diproses sehingga
membentuk bayangan, menjadi format 3D, dan lain-lain.
4. Objek 2D
Menjadi 3D
CorelDRAW X4
memiliki fasilitas untuk mengubah objek taks/gambar 2D menjadi 3D. Fasilitas
yang dapat digunakan untuk membentuk objek 2D menjadi 3D adalah sebagai
berikut:
a.
Extrude: pada fasilitas toolbox terdapat interactive
extrude tool di dalam interactive effects tool. Setelah diaktifkan, format 3D
dapat diatur melalui bagian presets yang ada pada fasilitas property bar.
b.
Bevel: bevel merupakan subalat untuk membentuk sudut
dari suatu objek gambar/teks. Bevel akan muncul dalam property bar setelah
mengaktifkan interactive extrude tool.
c.
Contour: fasilitas contour di dalam CorelDRAW X4
disediakan untuk membuat salinan dari suatu objek gambar/teks ke bagian
dalam/luarnya. Contour dapat digunakan untuk menimbulkan efek 3D dari suatu
objek gambar/teks dengan cara mengubah warna sisinya.
d.
Gradasi warna: gradasi warna dapat dibentuk
menggunakan fill tool, interactive fill tool, atau mesh fill.
e.
Efek bayangan: CorelDRAW menyediakan interactive drop
shadow yang merupakan subalat dari interactive effects tool untuk membuat efek
bayangan dari objek gambar/teks.
5. Warna
Pilihan
warna terdapat dalam kotak warna. Namun, ada beberapa cara untuk memberi warna
pada objek gambar/teks, yaitu sebagai berikut:
a.
Fill & outline: pada fasilitas toolbox, sistem
menyediakan fill tool untuk mengatur isi objek gambar/teks. Sedangkan untuk
mengatur garis pembentuknya, sistem menyediakan outline tool.
b.
Eyedropper & paintbucket tool: eyedropper tool
digunakan untuk mengambil spesifikasi warna atau atribut (properti,
transformasi, dan efek) suatu objek gambar/teks. Setelah itu, gunakan
paintbucket tool untuk menyalin data tersebut pada objek gambar/teks lainnya.
c.
Smart fill: smart fill tool dapat mengisi warna pada
sembarang bidang tertutup. Misalnya pada perpotongan suatu objek tertentu.
6.
Objek Artistik
Objek
artistik dapat berupa teks atau gambar. Dengan menggunakan alat tertentu, suatu
objek teks/gambar dapat terlihat berbeda dari biasa. Objek artistik terdiri
dari:
a.
Garis artistik (Objek Teks): teks yang artistik dapat
dibuat melalui artistic media tool yang ada pada toolbox. Teks apapun dapat
dibuat karena penggunaanya seperti menggambar atau menulis dengan bolpoin.
b.
artistik (objek gambar): gambar artistik yang
dihasilkan melalui artistic media tool adalah seperti sketsa gambar.
Penggunaannya sama dengan membuat garis artistik untuk objek teks.
c.
Efek distorsi: CorelDRAW menyediakan interactive
distort tool di dalam interactive effects tool. Efek distorsi dapat
diaplikasikan untuk objek gambar/teks sehingga dapat terlihat lebih artistik.
d.
Smudge brush (objek baru): melalui smudge brush tool,
suatu sisi objek gambar dapat ditarik sehingga akan membentuk gambar yang baru
sesuai dengan keinginan. Subalat ini dapat diakses melalui shape edit tool.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam kemajuan teknologi
software yang memiliki multi fungsi untuk semua bidang. Seperti sofware
coreldraw yang memiliki banyak fungsi. Coreldraw merupakan salah satu
aplikasi software atau perangkat lunak editor grafik vektor yang dibuat oleh
Corel untuk membuat sebuah karya seni profesional, mulai dari yang simpel
seperti logo sederhana hingga ilustrasi teknis yang rumit atau kompleks dengan
pemrosesan visual.
B. Saran
Untuk membantu kita dalam pembuatan
grafis sebaiknya dipelajari cara pengoperasian coreldraw, banyak sekali manfaat
yang diperoleh dari operasi perangkat lunak coreldraw.
DAFTAR PUSTAKA
Admin.2008.
Pengertian software (Perangkat Lunak) Komputer.(online), http://belajar-komputer-mu.com, diakses 15
Desember 2011.
Anynomous.Menjelaskan
artikel Coreldraw.(online), http://www.asian-brain.com
diakses 18 Desember 2011.
Purwanto,Heri.2011.Sejarah
Coreldraw.(online), http://www.sejarah-coreldraw.html diakses 21
Desember 2011.
Sirodjuddin,Ardan.2008.Belajar
Coreldraw itu mudah.(online), http://ardan sirudjuddin.wordpress.com
di akses 21 Desember 2011.
Anynomous.Sekedar berbagi pengetahuan.(online), http://www.arnanmax.com diakses 21 Desember 2011.
No comments:
Post a Comment