Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X/1
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
1. Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an tentang manusia dan tugas-nya
sebagai khalifah di bumi.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Membaca
QS Al Baqarah : 30, Al - Mukminun: 12-14, Az -Zariyat: 56 dan An Nahl :
78
1.2 Menyebutkan arti QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14,
Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78.
1.3 Menampilkan perilaku sebagai
khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun:
12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan
benar.
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30,
Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78
Mampu mengartikan masing-masing kata yang
terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan
An-Nahl: 78 dengan benar
Mampu mengartikan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan
An-Nahl: 78
Mampu menjelaskan kandungan QS Al Baqarah: 30, Al
Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam
Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai
dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
Mampu menunjukkan perilaku sebagai khalifah dalam
kehidupan.
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
Toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Q.S.
Al-Baqarah; 30
Q.S.
Al-Mukminun; 12-14
Q.S. Az-Zariyat;
56
Q.S.
An Nahl: 78
Q.S.
Al-Baqarah; 30
Q.S.
Al-Mukminun; 12-14
Q.S.
Az-Zariyat; 56
Q.S.
An Nahl: 78
QS.
Al-Baqarah; 30
QS.
Al-Mukminun; 12-14
QS.
Az-Zariyat; 56
QS. An
Nahl; 78
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah
, tanya jawab dan Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Membaca
dengan fasih Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78
Mengidentifikasi
tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan
An-Nahl: 78
Mengartikan
masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14,
Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
Mengartikan
ayat Q.S. Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
Mendiskusikan
arti dan kandungan Q.S. Al-Baqarah: 30,
Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
Mengidentifikasi
perilaku Khalifah di bumi yang terdapat dalam
Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
Mempraktikkan
perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai QS Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14,
Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
Menunjukkan
perilaku khalifah dalam kehidupan.
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa mengamati Membaca dengan fasih Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
Siswa mengamati tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
|
Mengartikan perkata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An
Nahl: 78
Mengartikan per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An
Nahl: 78
Menterjemahkan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An
Nahl: 78
Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An
Nahl: 78
|
Siswa membiasakan perilaku Khalifah yang terdapat
dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al
Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi
sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama
sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi
dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru
dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
- Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan
siswa tentang materi pembelajaran Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14,
Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78,
- guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan,
contohnya:
- Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas?
- Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?
- Siapakah diantara kalian yang sudah hafal surat Q.S
Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78
?
- Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca surat
Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl:
78, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru
2 sampai dengan 3 kali.
- Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk
beberapa siswa untuk membaca surat Q.S Al-Baqarah; 30, yaitu sebagai berikut:
øÎ)ur tA$s% /u Ïps3Í´¯»n=yJù=Ï9 ÎoTÎ) ×@Ïã%y` Îû ÇÚöF{$# ZpxÿÎ=yz ( (#þqä9$s% ã@yèøgrBr& $pkÏù `tB ßÅ¡øÿã $pkÏù à7Ïÿó¡our uä!$tBÏe$!$# ß`øtwUur ßxÎm7|¡çR x8ÏôJpt¿2 â¨Ïds)çRur y7s9 ( tA$s% þÎoTÎ) ãNn=ôãr& $tB w tbqßJn=÷ès? ÇÌÉÈ
- Setelah para siswa
selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, yaitu
sebagai berikut.
ôs)s9ur $oYø)n=yz z`»|¡SM}$# `ÏB 7's#»n=ß `ÏiB &ûüÏÛ ÇÊËÈ §NèO çm»oYù=yèy_ ZpxÿôÜçR Îû 9#ts% &ûüÅ3¨B ÇÊÌÈ ¢OèO $uZø)n=yz spxÿôÜZ9$# Zps)n=tæ $uZø)n=ysù sps)n=yèø9$# ZptóôÒãB $uZø)n=ysù sptóôÒßJø9$# $VJ»sàÏã $tRöq|¡s3sù zO»sàÏèø9$# $VJøtm: ¢OèO çm»tRù't±Sr& $¸)ù=yz tyz#uä 4 x8u$t7tFsù ª!$# ß`|¡ômr& tûüÉ)Î=»sø:$# ÇÊÍÈ
- Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa
untuk membaca surat Q.S. Az-Zariyat : 56, yaitu sebagai berikut:
$tBur àMø)n=yz £`Ågø:$# }§RM}$#ur wÎ) Èbrßç7÷èuÏ9 ÇÎÏÈ
- Setelah para siswa selesai
membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat An-Nahl: 78, yaitu
sebagai berikut:
ª!$#ur Nä3y_t÷zr& .`ÏiB ÈbqäÜç/ öNä3ÏF»yg¨Bé& w cqßJn=÷ès? $\«øx© @yèy_ur ãNä3s9 yìôJ¡¡9$# t»|Áö/F{$#ur noyÏ«øùF{$#ur
öNä3ª=yès9 crãä3ô±s? ÇÐÑÈ
-
Guru meminta beberapa
siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78
Eksplorasi
-
Selanjutnya siswa membaca arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 dengan berpedoman
kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan
dari guru.
- Selanjutnya,
guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 kepada siswa.
- Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Q.S
Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl:
78 berikut artinya dengan benar.
-
Setelah selesai menyalin Q.S
Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl:
78 berikut artinya, guru menjelas hukum
bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut. Sebagai contoh:
Bacaan
|
Hukum Bacaan
|
Cara Membacanya
|
Nun
mati( نْ ) bertemu dengan huruf
“ta” ( ت )
|
Hukum bacaanya
adalah “ Ikhfa ”
|
Nun
mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ تُـرَابٍ " " dibaca dengan dengung
|
Nun
mati( نْ ) bertemu dengan huruf
“nun” ( ن )
|
Hukum bacaanya
adalah “Idgham bighunnah”
|
Nun
mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ نُـطْـفَـةٍ " " dibaca dengan dengung
|
Nun mati( نْ ) bertemu dengan huruf “ ‘ain” (
ع )
|
Hukum bacaanya
adalah “ Izhar ”
|
Nun
mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ عَـلَـقَـةٍ " " dibaca dengan jelas
|
- Guru menjelaskan kepada
siswa akan hikmah yang terkandung dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78.
-
Guru menugaskan kepada siswa untuk
mendiskusikan tentang proses awal kejadian manusia sebagaimana yang terkandung
dalam isi Q.S Al-Baqarah;
30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 secara
berkelompok.
-
Selanjutnya guru menugaskan kepada
siswa untuk berdiskusi tentang hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada Q.S
Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78
secara berkelompok.
- Siswa diminta
untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 banyak mengandung nilai-nilai
sikap dan perilaku yang utama, seperti penciptaan manusia
dan penguasaannya di bumi, perkembangan kejadian manusia dan kehidupannya di
akhirat, serta tugas jin dan manusia melainkan supaya mereka
mengabdi kepada Alloh SWT.
Jika direnungkan, betapa tingginya derajat orang-orang yang beriman karena
memiliki suatu amanah sebagai kholifah dimuka bumi ini.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Q.S
Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78
sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan
hikmah isi kandungan Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S.
Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doá.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar
kelas dan siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes
perbuatan (Performance)
Tes
tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al
Quran dan terjemahan Departemen Agama
RI
Buku
pelajaran PAI SMA kelas I
J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
|
Butir – butir
Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti bahwa Allah
Swt tidak menciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembah-Nya
|
وَمَا
خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ
|
2.
|
لَعَلَّكُمْ
تَشْكُرُونَ
Arti penggalan ayat tersebut adalah........
|
Agar kamu
menjadi orang-orang yang bersukur
|
3.
|
Hukum bacaan
“nun mati” bertemu dengan “nun” adalah…….
|
Idgham Bighunnah
|
II. Tes Perbuatan
No.
|
Nama Siswa
|
Kemampuan
Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Usman
|
|
|
|
|
|
2.
2
|
Said
|
|
|
|
|
|
3.
3
|
Sutejo Ade
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor Tes Perbuatan :
1.
= Membaca
lancar dan baik =
80 – 90 = A
2.
= Membaca lancar
kurang baik =
70 – 79 = B
3.
= Membaca
Terbata-bata =
60 – 69 = C
4.
= Membaca
Terbata-bata dengan bantuan guru = 50 –
59 = D
5.
= Tidak dapat
membaca = kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Tujuan Kita diciptakan oleh Allah SWT adalah ditugaskan sebagai Kholifah.
|
|
|
|
|
2.
|
Membaca Al Qur’an banyak mengandung nilai ibadah.
|
|
|
|
|
3.
|
Sebagai bentuk
rasa syukur kita kepada Allah dapat kita lalukan dengan mengucapkan hamdalah اَلْحَمْـدُِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْــنَ "“ setiap kali kita memperoleh nikmat
serta menjalankan perintah Nya dan menjauhi larangan Nya.
|
|
|
|
|
dst
|
……………………………………………….
|
|
|
|
|
Keterangan
: Skor
Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju = 50
S = Setuju = 40
TS = Tidak Setuju = 10
STS = Sangat Tidak Setuju = 0
IV. Portofolio
- Tes
pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru
mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
- apa yang dilihat;
- laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua
murid atau siswa.
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
No comments:
Post a Comment